Bimbel Online Terbaik di Indonesia, Interaktif dan Bisa Konseling

review brain academy online, bimbel online untuk kelas 12 sma, bimbel online untuk sma, bimbel online untuk kelas 9 smp, bimbel online terbaik di indonesia

Bimbel online terbaik di Indonesia ini idealnya seperti apa, sih? Kalau saya sebagai orang tua, saya tentu mencari bimbel yang sesuai dengan kebutuhan dan karakter belajar anak. Kedua, saya menyesuaikan dengan budget. Bukan berarti harus yang termurah, ya. Tetapi, seberapa besar value yang bisa kita dapatkan sebagai orang tua dan anak.

Bicara tentang value, sudah pasti dekat dengan apa yang ditawarkan oleh bimbel online terbaik di Indonesia ini. Sekarang karena pandemi dan ada PJJ, banyak bermunculan bimbel-bimbel online yang dapat diakses di aplikasi. Kira-kira setahun sebelum pandemi, saya menyaksikan sendiri hanya ada segelintir bimbel online yang tersedia. Saya tahu karena saya secara aktif mengarahkan adik sepupu saya untuk mencapai impian ke kampus idaman (dan alhamdulillah berhasil!).

Kami menyeleksi beberapa bimbel online yang tersedia. Waktu itu tahun 2019, kami masih meraba-raba tentang manfaat bimbel online ini. Akhirnya kami putuskan untuk mengambil beberapa program. Salah satunya adalah Ruangbelajar dari Ruangguru. Kok ya ndilalah setelah itu ada pandemi, makin kerasa lah manfaat dan merasa sangat beruntung sudah langganan duluan pas lagi banyak promo.

Saya lihat, Ruangguru semakin berkembang dan memiliki banyak program baru. Salah satu program baru yang juga menjadi unggulan Ruangguru adalah Brain Academy. Awalnya, saya mengira ini tipikal bimbel intensif jelang masuk perguruan tinggi. Ternyata, tidak hanya itu. Brain Academy tetap memiliki program dari jenjang SD hingga SMA dengan tambahan persiapan UTBK, plus, metodenya lebih berkembang ketimbang Ruangbelajar. Belajarnya lebih interaktif dan bisa blended learning.

Bimbel Terbaik di Indonesia yang Bisa Offline dan Online

Brain Academy offline memiliki sejumlah kelas yang tersebar di … kota. Kini, karena lagi-lagi kita harus ndhekem di rumah akibat PPKM Mikro Darurat, kita balik ke metode belajar daring. Orang tua tidak perlu khawatir karena kini sudah ada Brain Academy Online. Bedanya hanya pada sistem online dan offline saja, soal konten dan inti programnya ya tetap sama.

Enaknya mengikuti Brain Academy Offline, siswa bisa merasakan pengalaman belajar seperti bimbel konvensional. Siswa juga tidak perlu khawatir jika tertinggal bimbel karena alasan tertentu. Sebab, semua materi tetap dapat diakses secara online melalui aplikasi Ruangguru. 

Kendati ada kesamaan, Brain Academy offline tetap memiliki sejumlah keunggulan. Pertama, proses belajar lebih interaktif dan bisa tanya jawab. Kedua, ada kelas tambahan yang sifatnya pengembangan diri seperti critical thinking, communications, problem solving, leadership, teamwork, technology literacy, dan lain sebagainya. Jadi, ada sejumlah value tambahan yang bisa didapatkan oleh anak.

Brain Academy Online: Interaktif, Ada Klinik PR, dan Bisa Konsultasi

Meskipun anak-anak tidak bisa mengikuti Brain Academy Offline untuk sementara ini, tidak perlu berkecil hari. Brain Academy sudah menyediakan sistem online yang dapat digunakan untuk siswa. Tidak ada yang membedakan selain platformnya saja. Jenjang yang tersedia pun mulai dari kelas 4 SD sampai dengan kelas 12 SMA. Pada Brain Academy Online, siswa tetap mendapat fasilitas premium seperti suasana belajar yang interaktif, klinik PR, konsultasi, kelas pengembangan diri, dan lain-lain.

Brain Academy Online tidak hanya bisa diakses di smartphone, tetapi juga di laptop. Ruangguru menyediakan fasilitas ini untuk pengguna Windows maupun Mac. Siswa juga tidak perlu khawatir lupa atau tertinggal kelas karena selalu ada notifikasi berupa pop-up message dan broadcast informasi dari admin.

review brain academy online, bimbel online untuk kelas 12 sma, bimbel online untuk sma, bimbel online untuk kelas 9 smp, bimbel online terbaik di indonesia
(Keunggulan dan Fasilitas di Brain Academy Online)

Foto di atas adalah sejumlah keunggulan dan fasilitas pada Brain Academy Online. Apabila kita bandingkan dengan program Ruangguru yang pernah saya bahas yakni Ruangbelajar, Brain Academy Online tentu lebih komplit karena siswa menjadi aktif dan memungkinkan siswa untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif atas materi tertentu. Sehingga, tepat jika saya katakan bahwa Brain Academy Online ini sangat tepat untuk siswa yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan harus mengikuti sejumlah tes. Misalnya, untuk kelas 6 SD, kelas 9 SMP, dan kelas 12 SMA. 

Kita sebagai orang tua pun bisa mengakses siapa saja para pengajar di Brain Academy Online melalui websitenya. Mereka menyebut para pengajar sebagai Master Teacher. Nah, Master Teacher di Brain Academy Online ini memiliki background yang jelas dan memiliki pengalaman yang baik di bidangnya. 

Biaya Bimbel yang Lebih Murah Dibanding Bimbel Konvensional

Saya lihat Brain Academy Online ini mengadaptasi keunggulan bimbel konvensional yakni proses belajar yang interaktif. Namun, kelebihannya adalah ada platform online, penambahan fasilitas lainnya, dan biaya yang jauh lebih murah dibanding bimbel konvensional. Bunda bisa mencoba nge-survey sendiri, deh. Saya pernah melakukannya sekitar tahun 2019 lalu ketika kami sedang bingung memilih bimbel untuk adik sepupu saya.

Terdapat 3 kategori plan pembayaran di Brain Academy Online. Pertama, Brain Academy Online Reguler, kedua adalah Brain Academy Online Premium, dan ketiga adalah Brain Academy Online Elite. Perbedaan ketiganya ada pada harga serta fasilitas. Bunda dapat melihat perbedaan ketiganya melalui tabel berikut.

review brain academy online, bimbel online untuk kelas 12 sma, bimbel online untuk sma, bimbel online untuk kelas 9 smp, bimbel online terbaik di indonesia
(Perbedaan 3 Plans di Brain Academy Online)

Penutup

Saya merekomendasikan Brain Academy Online ini untuk Bunda dan Ayah yang ingin anaknya mengikuti persiapan ujian yang lebih intensif. Dengan catatan, kita juga harus sering menemani anak belajar ya, Bund. Bagaimanapun juga, pembelajaran online itu terkadang lebih stressful dan rentan membuat anak suntuk. Upayakan ada diskusi dan obrolan ringan dengan anak tentang materi yang telah mereka dapatkan di Brain Academy Online. Kemudian, evaluasi lagi, apakah materi tersebut dapat diserap optimal atau ada kendala.

Apakah Bunda dan Ayah sudah berlangganan Brain Academy Online? Apa yang membuat Bunda dan Ayah tertarik dengan program ini? Share di kolom komentar, yuk.

19 tanggapan pada “Bimbel Online Terbaik di Indonesia, Interaktif dan Bisa Konseling”

  1. Makin banyak aplikasi belajar online kayak gini ya. Banyak murid zaman now bakal terbantu banget pastinya karena menurut saya belajar via online pastilah gak semenggigit belajar di kelas langsung.

  2. Brain Academy jadi unggulan memberikan tambahan pelajaran bagi anak-anak saat pelajaran masih melalui online seperti saat ini yaa..
    Alhamdulillah, fasilitasnya lengkap banget.
    Anak-anak tetap belajar plus aktualisasi diri melalui Klub Hobi.

  3. Keren banget nih ada klinik PRnya juga ya bagi yang ambil kelas premium dan elite. Bagian yang ini nih biasanya yang paling dibutuhkan anak sekolah. Kadang kan pelajaran udah dapet ya, eh begitu mau aplikasiin pelajaran itu saat mau bikin PR, mereka tetap butuh dibantu.

  4. Banyaknya bimbel online gini membantu banget buat anak-anak selama masa PJJ. Karena kerasa sih masih kurang fokus belajarnya kalau cuma dari sekolah aja. Mau aku rekomendasiin buat adikku juga nih, biar bisa fokus belajarnya, apalagi sekolahnya tinggal setahun lagi.

  5. Inovatif emang mba kalau ada klinik PR ya. Jadi anak juga jadi terbantu dengan pekerjaan rumahnya di sekolah. Akan aku coba langsung ke websitenya ah. Ada diskon pula

  6. ini pasti ngebantu banget orangtua dalam meningkakan kemampuan anaknya dalam hal mata pelajaran sekolah ataupun lainnya ya mba, kualitasnya juga sudah tidak diragukan

  7. Sekarang banyak aplikasi bimbel online gini ya memudahkan bgt kita buat belajar nih, seru, informatif dan belajarnya juga santay sih menurutku yaaaa

  8. Interaktif itu sih poin yang benar-benar penting. Soalnya biar work juga dan biar pembelajarnya betah dan merasa benar-benar dibimbing. Good recommendation nih!

  9. Dampingi anak SD belajar online masih bisa ya mbak, kalau tingkatnya sudah lebih tinggi kadang kita pusing juga sebagai orang tua. Hehe Dengan adanya bimbel online seperti ini akan sangat membantu sekali nih untuk para ortu.

  10. Pendampingan anak belajar online memang sebaiknya dilakukan. Tapi kadang juga ada ortu kerja kantoran yang belum bisa nemanin full. HIks. Tapi emang Brain Academy ini bisa jadi pilihan terbaik 🙂

  11. ppkm gini emang kalo ga dapet bimbel yang pas dan sesuai kebutuhan alias ga efficient pasti bakal bikin makin suntuk dan males belajat, enaknya brain academy online ini ada klinik pr nya jadi pas buntu ngerjain pr ttp dapet bimbingan juga buat nyelesainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *