Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik Ruangbelajar

Mencari aplikasi belajar online terbaik tidaklah susah. Cukup cari yang sesuai kebutuhan anak, sesuaikan dengan budget orang tua, dan lihatlah testimoni dan tenaga pengajarnya. Kita sebagai orang tua barangkali masih ragu, apalagi sekarang kita dituntut untuk menghemat anggaran karena situasi pandemi. Kalau sudah begitu, cobalah mengambil free trial untuk mengakses fitur-fitur tertentu.

Apakah ada aplikasi belajar online yang seperti itu? Ada. Namanya Ruangbelajar dari Ruangguru. Adik sepupuku pernah menggunakan aplikasi ini sejak tahun 2019 hingga ia lulus SMA. Tahun lalu, ia berhasil masuk ke Ilmu Gizi salah satu kampus negeri di Surabaya pada tahun 2020. Saat itu, saya merasa menang banyak. Hemat dan adik sepupu saya berhasil masuk ke jurusan dan kampus impian dengan jalur yang berbiaya murah yakni SBMPTN.

Pada tulisan ini, saya akan memberi ulasan singkat mengenai aplikasi belajar online terbaik bernama Ruangbelajar dari Ruangguru. Pastikan Bunda membacanya sampai tuntas, ya.

Keunggulan Ruangbelajar untuk Siswa

Ruangbelajar adalah salah satu program unggulan di Ruangguru. Setahu saya, ini termasuk program yang cukup lama berada di Ruangguru. Ruangbelajar memberi kemudahan bagi para siswa untuk mendapatkan layanan bimbel online yang lengkap. Jenjang yang tersedia mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA.

Ruangbelajar ini memiliki sejumlah keunggulan. Ruangbelajar memiliki puluhan ribu video belajar beranimasi, latihan soal rutin, dan rangkuman infografis. Aksesnya pun fleksibel karena siswa bisa membukanya di smartphone dan desktop.

Semua materi dapat didownload dan diakses secara offline, serta terdapat beragam fitur premium lainnya. Fitur akses belajar secara offline ini juga menjadi keunggulan yang utama. Jadi, siswa yang memiliki kuota terbatas, bisa memaksimalkan manfaat dari Ruangbelajar. Siswa bisa datang ke tempat dengan wifi publik lalu mendownload semua materi. Siswa bisa melanjutkan belajar di rumah. Saya rasa ini sekaligus mengurangi distraksi untuk membuka website atau aplikasi lainnya saat belajar.

Materi pada Ruangbelajar pun terbilang lengkap dan sesuai dengan kurikulum nasional. Ini membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi sekolahnya melalui penjelasan dari pengajar di Ruangbelajar. 

Ruangbelajar juga memiliki fitur-fitur untuk melatih pemahaman siswa. Fitur yang saya maksud ini adalah Banksoal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk memastikan siswa sudah memahami materi yang mereka pelajari.

Fitur Reward untuk Siswa

Ada pula fitur Ruangguru Adventure dan Teman Belajar. Ini merupakan fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Ada reward atau hadiah yang dapat mereka kumpulkan. Seru, ya, siswa jadi ada motivasi tambahan untuk semangat belajar.

Para pengajar atau Master Teacher di Ruangbelajar pun terbilang masih muda. Meskipun begitu, pengalaman dan kompetensi para Master Teacher ini tetap jempolan. Lihat saja pengalaman mengajar serta kampus beberapa Master Teacher ini.

Menurut saya, sistem belajar dan materi yang diberikan oleh para pengajar di Ruangbelajar ini sudah sesuai dengan karakter anak Gen Z dan Generasi Alpha. Siswa zaman sekarang adalah Generasi Z dan generasi Alpha yang merupakan digital native. Mereka sangat familiar dan besar kemungkinan cepat menyukai metode belajar daring melalui gadget. Mereka juga tidak kesulitan untuk mengikuti pembelajaran dengan audio. Anak-anak zaman sekarang juga lebih menyukai penjelasan yang tidak bertele-tele dengan tampilan layout yang menarik. Apalagi kalau bertemu dengan tentor atau pengajar yang bersahabat serta jauh dari kesan menakutkan, pasti membuat mereka betah belajar.

aplikasi belajar online terbaik, review ruangbelajar, review ruangguru, bimbel online termurah, review ruangguru, review ruangguru untuk SMP, review ruangguru untuk sbmptn, review ruangguru untuk SMP, pengalaman memakai ruangguru, pengalaman memakai ruangguru untuk SMA, review bimbel online ruangguru
Fitur Ruangguru Adventure di Ruangbelajar

Keunggulan Ruangbelajar untuk Orang Tua

Tahukah Bunda bahwa Ruangbelajar juga memiliki sistem Rapor Anak? Nggak ada lagi ceritanya kita tidak bisa memantau perkembangan anak dalam mengikuti aplikasi belajar online! Orang tua cukup mengetik “Rapor Anak” dan mengirimnya ke WhatsApp Ruangguru di 08157820000 untuk mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif.

Biaya kursus Ruangguru untuk program Ruangbelajar ini lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan les-lesan konvensional. Untuk Paket 1 Tahun Ajaran 2021/2022 mulai dari Rp 599.000 dan untuk Paket 1 Tahun Ajaran 2021/2022 SMA plus UTBK harganya mulai dari Rp 999.000. 

Biayanya terjangkau, pengajar berpengalaman, dan metode belajarnya menyenangkan. Saya rasa Ruangbelajar dari Ruangguru ini bisa menjadi solusi untuk orang tua yang resah tentang pemahaman belajar anak selama PJJ ini. Apalagi sebentar lagi kita memasuki PPKM Darurat, itu berarti sekolah kembali daring.

Tips Mendampingi Anak Belajar Bersama Ruangbelajar

Kendati menjadi solusi, sebaiknya orang tua tidak selalu membiarkan anak belajar sendirian. Apabila orang tua juga WFH, jika memungkinkan cobalah agar kegiatan bekerja dan belajar berada dalam satu meja. Apabila ada meeting, bunda atau ayah bisa bergeser terlebih dahulu. Ini agar membantu anak tidak merasa sendirian ketika belajar. Master Teacher memang selalu menemani proses belajar mereka bersama Ruangbelajar. Namun, bagaimanapun juga, interaksi dan dukungan secara fisik atau langsung tidak akan bisa menggantikan interaksi secara daring.

Orang tua juga bisa melakukan evaluasi terhadap proses belajar anak bersama Ruangbelajar minimal setiap seminggu sekali. Tanyakan pada anak, apakah belajarnya menyenangkan? Mata pelajaran apa yang menjadi favoritnya? Apakah anak menemui kesulitan? Siapa Master Teacher favorit mereka?

Kegiatan obrolan ringan bersama anak ini selain meningkatkan bonding, juga dapat membantu kita untuk mengevaluasi efektif atau tidaknya kursus daring. Apabila ternyata progressnya baik, kita bisa lanjutkan kursus atau menjajal program Ruangguru yang lainnya. Apabila ternyata anak kurang bersemangat, kita cari tahu, di mana kendala mereka.

Apakah Bunda punya tips lain? Atau Bunda sudah langganan program Ruangbelajar ini? Berbagi pengalaman di sini, yuk!

17 tanggapan pada “Rekomendasi Aplikasi Belajar Online Terbaik Ruangbelajar”

  1. Pingback: Bimbel Online Terbaik di Indonesia, Interaktif dan Bisa Konseling

  2. Super BANGGA dengan app RuangGuru dan aneka produk pendidikan yg ditawarkan.
    Keren keren dan sangat bermanfaat!
    Apalagi, ortu seperti diriku, pastinya mumeettt kalo diajak mikir pelajaran SMP 😀
    Alhamdulillah, ada tim RuangGuru yg siap membantu, yeayyy!

  3. Aplikasi Ruangguru produknya benar-benar membantu anak-anak dan orang tua di saat PJJ seperti sekarang ini. Apalagi Ruangbelajar, cocok untuk anak-anak kelas lanjutan dalam memahami konsep, krn kalau nanya ortu suka sama2 mbingung, sebab kurikulumnya beda dengan ortu waktu masih sekolah. Ruangbelajar solusi terbaik.

  4. Nah ini bikin anak tambah happy adanya fitur Ruangguru Adventure dan Teman Belajar, yang merupakan fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar.
    Syuka deh, ada reward atau hadiah yang dapat dkumpulkan. SAsik banget dan serunya akan berasa, siswa jadi ada motivasi tambahan untuk terus semangat belajar di tengah PJJ beginni.

  5. Enaklah skrg bisa bimbel online. Anaknya gak capek, ortunya bisa mantau. Bimbel biasa tu malah banyak yg jajan aja atau berisik di kelas ganggu yg lain.

  6. Keterlibatan orang tua saat anak belajar emang penting ya, Mbak. Supaya anak juga merasa diperhatikan. Aplikasi ruangbelajar tentu memudahkan orang tua dan juga anak dalam belajar. Apalagi sekarang tersedia versi desktop dan materi bisa diunduh terlebuh dahulu, asyikkk.

  7. ponakanku semua masih belajar online. mamanya sampe repot mendampinginya. Dua orang ponakan juga ada yg sampe dititip ke rumahku, saking mamanya kewalahan bimbing mereka. apl ruangguru bakal aku rekomendasi ke mereka.

  8. Kalau anak senang, pelajaran sesusah apapun akan terasa mudah yaa..
    Aku juga senang sama ruangbelajar. Anak jadi lebih mudah paham dengan materi pelajaran berkat video yang ditampilkan.
    Semoga tahun ajaran baru nanti, anak-anak semakin semangat belajar.

  9. iya mbak, alhamdulillah ya, saya juga baru baru ini sih kenal sama ruangguru dan langsung terpikat sama pembelajarannya. skrg anakku udah langganan mbak, dan semoga dia bisa menemukan gaya belajarnya dan bisa lebih paham pelajaran di sekolah degan belajar di ruangguru, jadi tandem kayaknya lebih seru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *