Lompat ke konten

Melangitkan Impian dan Inner Strength

Biskuat Academy 2022

bersama Keluarga Tercinta

“Bunda, saya kaget, hasil obervasi Laiqa bagus semuanya. Saya rasa Laiqa sudah sangat siap masuk TK.”

 

Saya dan suami lega dan bahagia mendengar kalimat yang diucapkan oleh Ustadzah di calon sekolah anak kedua saya, Laiqa. Ustadzah juga sempat menanyakan bagaimana keseharian Laiqa. Saya pun menjelaskan bahwa Laiqa terbiasa mengikuti kakaknya bermain dan belajar, mencoba aneka permainan free play maupun structured play ala montessori di rumah bersama saya, serta saya pun rutin membacakan cerita setiap malam untuk anak-anak saya.

Tak hanya itu, kedua anak saya, Mahira dan Laiqa juga sebisa mungkin memiliki waktu berkualitas dengan ayahnya dengan cara bermain sepak bola di dalam maupun di luar rumah. Kalau sudah urusan motorik kasar, ayahnya memang jago banget. Ini juga yang membuat nilai observasi Laiqa ketika bagian lepar-tangkap bola menjadi sangat baik.

Kedua anak saya sudah sering bermain sepak bola dan lempar tangkap bola sejak zaman covid-19 dengan kasus tinggi. Ini membuat tempat yang bisa kami gunakan sangat terbatas, yakni di dalam rumah kontrakan saja. Sesekali jika ada waktu dan lapangan sedang sepi, mereka bertiga main di lapangan bersama. 

Saya percaya bahwa sebagai ibu, saya perlu membangun kekuatan dan rasa percaya diri anak-anak saya sejak dini. Saya pun sudah lama mempercayai bahwa inner strength yakni kekuatan internal dan dorongan internal dapat menjadi salah satu bekal terbaik untuk masa depan anak. Sesuai yang saya baca di The Danish Way of Parenting, dorongan internal pada anak mampu membantu mereka untuk memiliki pusat kendali diri dan percaya bahwa mereka mempunyai kekuatan untuk mengendalikan hidupnya serta hal-hal yang terjadi pada mereka. Ini sama saja memiliki ketangguhan yang menjadi salah satu skill yang penting dikuasai untuk masa depan anak.

biskuat academy 2022
Kedua anak saya ngemil Biskuat Coklat disela kegiatan bermain di playground mall.

Sebagai orang tua, saya pun turut senang melihat ada jenama kesukaan anak-anak, yakni Biskuat, yang mendukung inner strength anak melalui Biskuat Academy. Ada sekolah bola online yang dapat kita ikuti serta kesempatan untuk memenangkan tour ke stadion bola internasional di Eropa! Kebetulan sekali Mahira dan Laiqa sedang excited belajar tentang negara-negara di Eropa.

Melalui postingan ini, saya bercerita tentang bagaimana saya membangun inner strength anak, tentang bagaimana saya melatih motorik kasar anak, dan tentang bagaimana Biskuat Academy 2022 bisa mewujudkan impian anak-anak saya.

Menyiapkan Anak untuk

Menjadi #GenerasiTiger

Bicara tentang ketangguhan anak, rasanya tidak bisa lepas dari filosofi harimau yang kemudian menjadi istilah #GenerasiTiger. Harimau memang menjadi simbol dari banyak sifat, seperti kekuatan, keagungan, kemandirian, perlindungan, hingga keabadian. Harimau berasal dari Asia, Siberia, dan Rusia serta banyak muncul dalam cerita rakyat di daerah ini. Di Indonesia, cerita legenda tentang harimau ada di Sumatera dan Jawa. 

Dalam konsep rantai makanan, harimau merupakan predator yang berada di puncak dan menjadi simbol kekuatan yang dihormati. Dengan berat hampir 1000 pon, harimau merupakan kucing terbesar di dunia satwa dan memiliki salah satu gigitan terkuat, konon rahang mereka bahkan lebih kuat dari singa.

Generasi Tiger mencerminkan kekuatan pada diri anak, baik kekuatan fisik maupun mental. Keberanian untuk berkompetisi secara sehat, serta kemauan untuk terus meng-upgrade kemampuan diri. Ibaratnya, Generasi Tiger tak pantang menyerah untuk terus mengasah diri bagai harimau yang sedang mempertajam cakarnya.

Kemampuan ini sangat penting untuk masa depan anak. Sebagaimana kita tahu, kita tidak pernah bisa memprediksi masa depan secara tepat. Kendati demikian, setidaknya ada lima kompetensi masa depan menurut The World Economic Forum (WEF) yang kita ketahui akan sangat dibutuhkan oleh anak-anak dan bisa kita latih sejak hari ini. Pertama, complex problem solving atau kemampuan memecahkan masalah yang kompleks. Kedua, critical thinking atau kemampuan berpikir kritis. Ketiga, creativity atau kreatifitas. Keempat, people management atau kemampuan untuk mengelola dan memimpin tim. Kelima, coordinating with others atau bekerjasama dengan orang lain.

Sekarang pasti Bunda dan Ayah bertanya-tanya, bagaimana cara melatih serta membimbing anak agar bisa memiliki kompetensi di atas? Secara umum, ada banyak cara. Akan tetapi, pada tulisan ini, saya memberikan sejumlah kiat dan metode parenting yang telah saya lakukan di rumah bersama suami saya.

Caraku Mengembangkan

Inner Strength Anak

Sebelum saya mengembangkan inner strength anak, terlebih dahulu saya sebagai orang tua juga harus memiliki inner strength yang baik. Sebab, anak adalah peniru ulung. Mereka dengan cepat menyerap apapun yang kita lakukan di rumah dan yang kita tunjukkan di hadapan mereka.

Ada beberapa alasan lain kenapa orang tua harus lebih dulu “kuat” sebelum melatih anak menjadi pribadi yang energik dan selalu bersemangat. Pertama, untuk menguatkan diri saat stres melanda. Membentuk keluarga terkadang bisa membuat kita stres, tetapi, tetap kuat dan fleksibel dapat membantu kita sebagai orang tua untuk terus mencari jalan keluar terbaik. Kedua, memelihara inner strength sama saja dengan membangun ketahanan kita sebagai orang tua. Ini memungkinkan kita dapat mengelola perasaan dengan baik, memecahkan masalah dengan pikiran yang jernih, serta melindungi anak-anak bahkan pada masa tersulit sekalipun.

Setelah saya yakin bahwa saya dan suami sebagai orang tua sudah memiliki kemampuan cukup untuk memelihara inner strength dan terus merawatnya, barulah saya bisa fokus pada mengembangkan inner strength anak.

Ada sejumlah manfaat inner strength pada anak. Pertama, anak cenderung tumbuh menjadi anak yang bahagia dan sehat hingga dewasa, meskipun menghadapi sejumlah masalah keluarga yang berat. Kedua, anak mampu untuk menjadi tangguh dan berpegang pada prinsip yang kuat ketika berhadapan dengan masa remaja atau lingkungan yang kurang baik. Ketiga, anak menjadi lebih percaya diri ketika berhadapan atau bertemu dengan orang baru. Keempat, anak dengan ringan mampu berbuat baik pada orang lain. Kelima, anak tahu bagaimana mengolah rasa optimis untuk hidupnya.

Berikut adalah sejumlah kiat yang telah saya praktikkan untk membantu anak mengembangkan serta merawat inner strength pada diri mereka. Saya memperkaya diri melalui bacaan buku serta sejumlah panduan dari internet agar metode yang saya terapkan pun bisa bervariasi sesuai dengan kebutuhan dan karakter anak.

Memberikan Cinta dan Perlindungan

Hal pertama yang saya lakukan untuk membangun inner strength pada anak adalah membuat mereka merasa dicintai dan merasa aman. Anak perlu keluarga yang dekat dan selalu ada untuk mereka, sebuah rasa cinta yang selalu cukup dan sesuai yang mereka perlukan. Anak-anak juga perlu atensi kita sebagai orang tua untuk menghabiskan waktu bersama dan tempat yang aman saat mereka tumbuh dan berkembang. 

Kita juga perlu memberi anak waktu dan tempat untuk mengeksplorasi banyak hal serta berbagai ketrampilan baru. Biarkan mereka melakukan kesalahan, sebab, mereka akan belajar dari kesalahan tersebut. Mereka akan mengetahui konsep sebab akibat, konsekuensi, dan lain sebagainya. Hal yang bisa kita lakukan adalah memberikan lingkungan yang aman selama kegiatan eksplorasi ini.

Mendorong Kemandirian Anak

Tidak selamanya anak-anak menjadi anak. Sejak lahir ke dunia, sebetulnya anak belajar beradaptasi untuk hidup mandiri dan melepas ketergantungan pada orang tua secara perlahan-lahan. Mulai dari terlepas dengan ketergantungan asupan dari tali pusar dan mengandalkan ASI yang membuat anak harus lekas belajar menyusui, masa-masa MPASI yang penuh tantangan, masa sekolah usia dini, TK, SD, dan sebagainya. 

Untuk itu sebagai orang tua, kita juga perlu mengajarkan anak kemandirian secara perlahan-lahan sesuai tahapan usia. Sebab, menjadi mandiri tidak bisa mendadak. Banyak hal yang memerlukan adaptasi, pemahaman atas pola-pola hidup, serta fleksibilitas. Anak-anak belajar mandiri dengan mempraktikkan keterampilan dan melakukan hal -hal untuk diri mereka sendiri, seperti berpakaian atau menyikat gigi. Ketika amsih awal mungkin anak akan enggan, tetapi begitu sudah terbiasa, mereka justru menolak bantuan kita.

Bantu anak Anda Membangun Harga Diri

Orang tua memiliki pengaruh terbesar pada keyakinan seorang anak tentang dirinya sendiri. Tugas kita adalah memberi tahu anak-anak bahwa mereka berharga bagi diri kita, mereka anak yang baik, dan cerdas. Ini semua dapat membantu membangun inner voice yang pada akhirnya juga membangun harga diri anak. 

Ketika anak sadar bahwa dirinya begitu dicintai orang tua dan mengetahui bahwa dirinya berharga, ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh baik untuk anak maupun orang tua. Pertama, tingkat stres yang lebih rendah pada anak. Kedua, membantu anak untuk berani menghadapi ketakutan dan tantangan yang ia hadapi. Ketiga, membuat anak mampu mengenali potensi diri dan berani untuk mengembangkannya. 

Ajarkan Anak Social Skill

Empati adalah bagian penting dari membangun inner strength. Memiliki empati menunjukkan bahwa anak dapat mengenali dan menghargai perasaan orang lain. Secara tidak langsung hal ini juga menunjukkan seorang anak peduli ketika orang lain merasa buruk dan ada keinginan dalam hati anak untuk membantu orang lain.

Kita dapat membantu anak untuk belajar memiliki rasa empati dengan menunjukkannya pada keseharian dan mengajak anak berdiskusi tentang hal ini. Beberapa hal nyata yang dapat kita lakukan adalah mengajak anak menjadi volunteer atau sukarelawan pada kegiatan di rumah dan sekolah, mengajak anak berbagi atau bersedekah, hingga membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Bermain dan Melatih Motorik Anak

Bermain adalah kegiatan yang menyenangkan yang berdampak pada kesenangan dan kepuasan diri. Bagi anak-anak, bermain tidak didasarkan pada usia, jenis kelamin, dan aturan tertentu. Sering kali anak justru menyukai kegiatan bermain yang bebas ketimbang terstruktur. Bermain juga merupakan proses belajar yang berhubungan dengan sensorik yang membantu perkembangan padaanak, baik secara fisik maupun psikologis.

Kita tentu tahu dunia anak itu ya dunia yang penuh dengan waktu bermain. Aktivitas ini mampu memfasilitasi tumbuh kembang, mengembangkan kecerdasan, memacu kreativitas, memberikan pengalaman baru, serta meningkatkan kecakapan pola pikir dan pemecahan masalah. Menurut ahli, dua jam bermain aktif per hari dapat membantu mengurangi defisit perhatian dan kecenderungan anak menjadi hiperaktif. 

Waktu Berkualitas untuk Bermain

Bersama Ayah

Bonding antara ibu dan anak itu sudah biasa dan wajar terjadi. Akan tetapi, waktu bersama ayah itu yang biasanya masih jarang ada. Bukan berarti ayah tidak bisa bermain dengan anak, tetapi terkadang kesibukan akan rutinitas dan pekerjaan serta kewajiban utama untuk menafkahi keluarga membuat waktu bermain bersama anak menjadi sempit.

Akan tetapi, waktu yang sempit tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas. Ketika kita bermain bersama anak, kuantitas bukanlah yang utama, melainkan kualitas dari waktu dan aktivitas yang kita lakukan bersama anak.

Ketika anak-anak saya sedang bermain bersama ayah, seringkali permainan yang dilakukan berhubungan dengan motorik kasar. Seperti jalan-jalan ke taman, bermain lempar bola, dan bermain sepak bola. Berbeda dengan saya yang pola permainan cenderung terstruktur dan memiliki tujuan tertentu.

Bermain sama ayah membawa keseruan yang berbeda. Anak menjadi lebih banyak tertawa dan bebas karena dapat memaksimalkan seluruh gerak tubuhnya.

Memberi Makan Satwa

Di Surabaya ada beberapa taman kota yang sangat teduh. Ada pula yang memiliki sejumlah satwa seperti rusa, ikan, burung merak, dan kura-kura. Anak-anak saya sangat gembira ketika waktunya memberi makan satwa bersama ayah.

Jalan-jalan ke Taman Kota

Salah satu kegiatan asyik pada sore hari adalah jalan-jalan ke taman kota. Kebetulan di dekat rumah ada Taman Harmoni Surabaya yang biasanya jadi destinasi suami dan anak-anak untuk jalan pada sore hari di akhir pekan.

Bermain Perang Bantal

Anak-anak itu sebetulnya suka permainan yang menantang, tapi tetap aman, seperti perang bantal di kasur. Pasti anak-anak sangat total dalam bermain dan kamar pun jadi berantakan! Nggak papa, ya, asal anak senang.

Berolahraga

Biasanya bapak-bapak itu suka berolahraga. Inilah kesempatan emas untuk mengajak anak turut serta. Bisa dengan jogging, lempar tangkap bola, skipping, memanjat dan bermain perosotan, serta bermain sepak bola.

Ikut Biskuat Academy 2022,

Menangkan Tiket ke Eropa

Melatih inner strength anak bersama keluarga menjadi semakin menyenangkan apabila kita mengikuti biskuat Academy 2022. Biskuat Academy adalah rangkaian acara tahunan dari Biskuat untuk memberikan pembelajaran olahraga bagi anak Indonesia. Acara ini bertujuan untuk mengembangkan kekuatan fisik sekaligus kekuatan baik dari dalam untuk menciptakan #GenerasiTiger, yakni generasi yang memiliki karakter tangguh, baik hati, pemberani, dan percaya diri.

Apabila kita sudah melatih inner strength anak dari rumah dan dari keluarga, saatnya kita mendukung anak untuk mengembangkan talenta dan motorik kasar dengan mengikuti sekolah bola online. Caranya pun gampang, tinggal ikuti step by step di bawah ini, ya.

Step 1: Beli Biskuat Kemasan Khusus

Beli salah satu paket Biskuat berikut (berlaku untuk semua rasa):
- 1 Biskuat 121.6 gram;
- 1 Biskuat 60.8gram;
- 2 Biskuat 22,8 gram;
- 2 Biskuat 7,6 gram.
Kemudian, temukan Kode Unik di belakang kemasan

Step 2: Daftar via Whatsapp

Kirimkan pesan ke nomor Whatsapp 0812 1222 5919 dan ikuti instruksi Chatbot Biskuat di Whatsapp.

Step 3: Ikuti Biskuat Academy dan Menangkan Hadiah

Menangkan kesempatan tur ke Stadion Bola Internasional Real Madrid dan hadiah menarik lainnya.

Periode Program

1. Registrasi dibuka 17 Agustus 2022
2. Sekolah Bola Online Biskuat Academy dimulai dari 25 September 2022 – 15 Januari 2023
3. Grand Final Biskuat Academy adalah 12 Februari 2023

Mengapa Sepak Bola?

Menurut laporan survei yang dilakukan oleh Nielsen bertajuk World Footbal Report 2022, sepak bola menjadi olahraga yang paling banyak disukai di dunia. Setidaknya, sebanyak 40% populasi global menggemari olahraga legendaris ini. 

Di Asia, Vietnam menjadi negara yang penduduknya paling banyak menyukai sepak bola. Selanjutnya, di posisi kedua ada Indonesia dan menjadi peringkat tiga teratas dengan presentasi responden yang menggemari sepak bola sebesar 69%.

Untuk itu, event Biskuat Academy 2022 ini sayang sekali apabila kita lewatkan, Bunda. Hadiah utama pada Biskuat Academy 2022 juga tidak main-main, yakni mengnjungi Stadion Internasional Real Madrid yang masuk dalam 10 besar stadion terbesar di dunia. Apalagi programnya juga gratis dan tidak terbatas pada hal-hal tertentu. Bahkan, spapaun dapat memenangkan hadiah utama asal memiliki ketekunan dan rasa percaya bahwa anak kita mampu melampaui batasan-batasan pada dirinya.

Barangkali sebuah video di bawah ini dapat menjadi inspirasi untuk para orang tua. Semangat Coach Aji ini layak kita tiru, sebuah semangat untuk menembus keterbatasan dan mewujudkan impian. Anak-anak kita ini layak memiliki orang tua yang memiliki spirit seperti Coach Aji dan pelatih sepak bola sehandal beliau.

Yuk, Ikut Biskuat Academy 2022 sekarang!

Komitmen

Biskuat

Biskuat merupakan biskuit untuk anak-anak berusia 5-11 tahun yang dipasarkan oleh PT Mondelez Indonesia. Biskuat ini dimiliki oleh Mondelez International yang merupakan perusahaan makanan dan minuman yang berpusat di Northfield, Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Mondelez Internasional juga masuk dalam 10 besar perusahaan terbesar produsen coklat di dunia. 

Biskuat menjaga komitmen sebagai camilan yang bergizi untuk anak-anak dengan 9 vitamin dan 6 mineral serta kalori yang cukup. Pada tahun 2020, Mondelez International mengadakan survei secara daring dengan 6.292 responden di 12 negara. Hasil survei ini menunjukkan bahwa pandemi membuat gaya hidup orang dalam mengonsumsi camilan menjadi berubah.

Pola Menyantap Camilan saat Pandemi Corona

Menurut hasil survei tersebut, sebanyak 46% orang di seluruh dunia kini lebih banyak ngemil dibandingkan sebelum pandemi. Sementara di Indonesia, jumlah responden yang lebih banyak ngemil ada sebanyak 60%. Masyarakat Indonesia rata-rata ngemil sebanyak 3,15 kali sehari, lebih tinggi dibanding rata-rata global sebesar 2,30 kali sehari.

Ini menunjukkan bahwa cemilan yang berkualitas itu menjadi sangat penting untuk anak-anak kita.

Kita tentu ingin anak-anak yang kelak menjadi #GenerasiTiger mendapatkan asupan yang cukup dan menyehatkan. pada titik inilah Biskuat menunjukkan komitmen tinggi melalui seluruh cemilan yang diproduksi. Berikut adalah beberapa keunggulan Biskuat.

Kalori yang Cukup

Saya sempat mengecek kandungan informasi gizi pada beberapa varian Biskuat. Mulai dari Biskuat Original, Biskuat Coklat, hingga varian yang baru yakni Biskuat Wonderfulls Cashew & Butter. Kalori mulai dari 35 Kal sampai 140 Kal.

Diperkaya 9 Vitamin dan 6 Mineral

Biskuat selalu berkomitmen dengan menghadirkan produk yang diperkaya 9 Vitamin dan 6 Mineral sesuai dengan kebutuhan anak. Komposisi ini menjadikan Biskuat camilan yang layak dikonsumsi setiap hari.

Berkolaborasi Wujudkan #GenerasiTiger

Komitmen Biskuat untuk membentuk #GenerasiTiger bukan di mulut semata. Biskuat juga berkolaborasi dengan sejumlah lembaga, salah satunya adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

biskuat academy 2022
Biskuat coklat kesukaan anak-anak, saya selalu langsung membeli satu renteng isi 20 biji. Hihi.

Informasi Nilai Gizi Biskuat

Penutup

Itu tadi sedikit cerita saya tentang kiat dalam membangun inner strength anak serta bagaimana Biskuat Academy 2022 mampu mewujudkan impian mereka. Biskuat ini sudah sejak lama menjadi camilan favorit anak-anak. Varian kesukaan anak saya adalah Biskuat Coklat yang biasanya mereka celupkan ke dalam segelas susu.

Bunda, apakah kamu memiliki pengalaman serupa dalam membangun inner strength dan mendukung anak untuk menjadi #GenerasiTiger? Coba bagikan pengalamanmu di sini, yuk. Dan tentu saja jangan lupa ikut Biskuat Academy 2022 sekarang.

Referensi:

Fatsecret, https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/biskuat/coklat/1-porsi

Fatsecret, https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/biskuat/original/1-bungkus

Fatsecret, https://www.fatsecret.co.id/kalori-gizi/biskuat/wonderfulls-cashew-butter/1-porsi

Infento, https://www.infento.com/blog/the-top-10-skills-your-child-needs-for-the-jobs-of-the-future/

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/20/pandemi-membuat-masyarakat-lebih-sering-makan-camilan

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/27/10-perusahaan-cokelat-terbesar-di-dunia

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/18/ri-termasuk-negara-penggemar-sepak-bola-terbesar-di-asia

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/08/10-klub-sepak-bola-dengan-stadion-terbesar

NCBI, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8625902/

Uni Guide, https://www.uniguide.com/tiger-meaning-symbolism-spirit-animal-guide

Grafis:

Canva, diolah oleh Nabilla DP

Foto: pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *