Staycation di Ijen Suites Hotel Malang

review ijen suites hotel

Awal September lalu, saya mendapatkan vaksin kedua di Malang. Ini membuat saya bisa menulis review Ijen Suites Hotel karena kami memilih menginap di sana selama dua malam. Agenda murninya sih hanya vaksin saja dan seharusnya kami bisa langsung balik Surabaya karena nggak bawa anak-anak. Tapi, suami ada kerjaan yang harus dituntaskan. Begitu pula adik ipar saya yang jadi “asisten” suami. Jadi, yoweeess staycation sekalian. 

Btw, waktu itu saya lihat harga hotel di Malang sedang agak tinggi. Kami memutuskan menginap di Ijen Suites Hotel karena dia bintang 4. Kalau hotel yang bintang 3, kami khawatir masih ada pasien covid yang isoman di sana. Selain itu, ibu saya merekomendasikan hotel ini juga karena kata beliau makanannya enak. Hm.. benarkah begitu? Menurut saya sih.. ya nanti baca di bawah, ya. 

Hotel yang Family Friendly

Menurut saya, Ijen Suites Hotel Malang ini cukup ramah anak. Begitu masuk, di area resepsionis ada kolam ikan yang isinya ikan koi (kayaknya ya?) besar-besar bangeetttt.. asli memanjakan mata deh! Saya saja suka berlama-lama di sana. 

Kolam renangnya juga cukup bersih, ada perosotan dan cukup teduh karena dikelilingi oleh pepohonan. Saat weekend, nyaris tidak ada orang yang berenang. Kalau kamu mau staycation di sini saat pandemi, saran saya datanglah saat weekend. Begitu udah sabtu-minggu, mulai riuh suasana di kolam renang.

Bunda juga tidak akan kesulitan mencari kursi makan untuk anak di area restoran. Menunya pun juga ada yang ramah anak, seperti bubur, sereal, dan puding roti.

Kamar dengan Balkon

Saya menginap di kamar dengan tipe Deluxe Room Double dengan satu bed besar. Sementara adik ipar saya di Superior Twin Room yang biasa dipakai untuk bisnis karena bed-nya terpisah. Harga keduanya sekitar Rp 600.000 rupiah dan saya memesan via Tiketcom.

Kedua kamar ini memiliki balkon dengan pemandangan cantik dan dua kursi yang nyaman untuk leyeh-leyeh. Ada coffee tablenya juga. Cuma sayangnya, balkon ini tidak memiliki kunci dari dalam kamar. Walau begitu, saya rasa tetap aman sih karena siapa juga mau manjat setinggi ini untuk ambil risiko. Kebetulan saya kemarin menginapnya di lantai 6.

Saya berharap bisa melihat sunset dari balkon, tapi ternyataa.. mendung sodara-sodara. Namanya Kota Malang, ya, sudah bikin acara sendu duluan ketika kota lain masih asyik mandi matahari. 

Toiletries, Kamar Mandi, dan Printilan lainnya

Saya suka dengan hotel yang menyediakan dua shower, hand shower dan rain shower seperti yang ada di Ijen Suites Hotel Malang dan Double Tree Hotel Surabaya. Di kamar mandi Ijen Suites Hotel Malang juga opsi mengalirkan air melalui kran. Ini memberi fleksibilitas untuk membersihkan diri dan ketika berwudhu.

Bicara soal wudhu, Ijen Suites Hotel Malang menyediakan pula alat beribadah. Tidak hanya mukena dan sajadah, tetapi juga Al Qur’an dan Alkitab yang ada di lemari dan laci samping kasur. 

Perlengkapan di kamar mandi juga terbilang lengkap dan fungsional. Kebetulan saya lupa membawa sikat gigi, jadi saya menggunakan sikat gigi hotel dan ternyata tidak kasar, cukup lembut untuk membersihkan gigi.

review hotel ijen malang
(Perlengkapan kamar mandi hotel)

Menu Sarapan yang (Menurut Saya) Biasa Saja

Ibu saya memberi kesan yang baik soal Ijen Suites Hotel Malang, terutama perkara makanan. Ibu memang cukup sering diajak ayah saya menginap ke sana, terutama kalau ayah sedang dinas ke Malang dan ada bed yang tidak terpakai. Menurut ibu saya, makanan di Ijen Suites Hotel Malang enak-enak.

Begitu kami coba, menurut saya menu sarapannya biasa saja. Baik dari segi tampilan maupun rasa. Satu-satunya menu yang bisa saya rekomendasikan dan begitu berkesan adalah puding roti! Ambillah satu atau dua, itu puding memiliki rasa manis yang pas, lembut di dalam dengan toping roti di atasnya. Oh, ya, satu lagi. Menu omelet dan sosis. Menurut saya lumayan lezat tuuhh..

Sepulang dari staycation di Ijen Suites Hotel Malang, saya komplain ke ibu. Saya keukeuh pendapat beliau keliru. Tapi, ibu memberi koreksi. Ternyata yang beliau maksud adalah makan siang dan malam. Eyalah.. lha kalau begitu kan beda, itu mah masakan khusus untuk para pejabat! Jelas kualitas dan rasanya pasti lebih mereka perhatikan.

makanan di hotel ijen malang
(Salah satu menu sarapan di Ijen Suites Hotel Malang)

Nuansa yang Hijau dan Aksesibilitas di Sekitar Hotel

Sekarang kan banyak, ya, hotel yang mengusung nuansa hijau dan eco friendly. Baik secara konsisten menerapkan komitmen terhadap lingkungan, maupun cukup dengan memberi area hijau yang menyenangkan. Menurut saya, Ijen Suites Hotel Malang ini cukup bikin betah karena banyak sekali area hijau yang memberi kesan cerah. Ini salah satu yang membuat saya juga semangat menulis review Ijen Suites Hotel, karena ada unsur pro-lingkungannya.

Kesan cerah ini penting, ya, karena kadang ada hotel dengan area hijau yang kesannya sungup. Sirkulasi udara di Ijen Suites Hotel Malang ini juga menurut saya bagus. Setiap kamar mendapat lighting yang baik. Cahaya dari matahari yang cukup membuat saya mematikan dan membuka balkon untuk mendapat udara serta penerangan yang cukup untuk bekerja pada hari itu.

Berbagai area lain seperti restoran dan resepsionis juga menerapkan konsep serupa. Dengan begini, mereka pun jadi hemat AC. Terutama area resepsionis, itu full open. Jadi semilir angin dinginnya Kota Malang sudah terasa sejak kita menginjakkan kaki di hotel ini.

Tentang aksesibilitas, sebetulnya hotel ini berada di mulut perumahan Ijen Nirwana Residence. Saya sempat hampir masuk ke dalam perumahan karena tidak melihat tulisan “masuk ke hotel” yang jelas. Di sekitar hotel ada beberapa penjual makanan dan cafe, tetapi tentu lebih nyaman jika berkendara. Kalau butuh apa-apa tapi mager, ya pakai ojol saja hehe. Oh, ya, saya juga melakukan Room Tour kamar hotel di video ini. Boleh mampir, ya.

Sedikit Masalah

Secara keseluruhan, saya sangat nyaman berada di hotel ini. Saya dapat beristirahat dengan nyaman, bekerja dengan baik, dan intinya refreshing. Namun, saya sempat mendapat sedikit masalah, yakni kulkas yang banyak bunga esnya. Awalnya saya bodo amat, tapi ternyata bunga es ini tiba-tiba meleleh dan membuat genangan di area lemari.

Agak tidak nyaman, tetapi dapat saya atasi dengan baik. Pihak hotel pun merespon dengan baik dan memberi penawaran untuk mengganti kulkas. Tapi saya menolak karena kulkasnya masih bisa digunakan untuk menyimpan minuman. Saya hanya butuh handuk tambahan karena handuk yang lama saya pakai sebagai keset agar airnya tidak mbleber kemana-mana.

Itu tadi review Ijen Suites Hotel dari saya. Hotel ini saya rekomendasikan untuk kamu yang mau berwisata ke Kota Malang, baik untuk acara pribadi, keluarga, maupun bisnis. Cukup nyaman dan bikin betah.

Apakah ada yang sudah pernah menginap di hotel ini?

21 tanggapan pada “Staycation di Ijen Suites Hotel Malang”

  1. Pemandangan dari balkonnya cantik ya mba..bikin betah..banyak pepohonan dan viewnya langsung ke kolam renang. Btw seru juga ya kalo sekali2 nginep di hotel di Malang..karena selama ini kalo ke Malang saya nginepnya di rumah sobat suami yg tinggal disana.

  2. Terakhir ke Malang tahun 2018. Kayaknya berharap bisa menginap di Malang lagi. Suasana hotel di Malang emang bagus-bagus dan beneran bikin nyaman, Bakalan puas dan betah walaupun di rumah saja

  3. Hotel dengan kamar balkon ini memang menyenangkan ya mbak. Saya juga paling senang kalau dapat kamar yang bisa keluar dari kamar terus duduk-duduk di balkonnya melihat pemandangan. Rasanya kayak dapat fasilitas plus alam gitu hehe Pandangan jadi lebih luas dan bisa menghirup udara pagi.

  4. Kalau breakfast masa pandemi begini cenderung B aja kali yaa..
    Beberapa kali stay cation di hotel saat pandemi, makanan jadi super dibatasi dan kalau bukan ada rombongan yang menginap, variasi makanannya pun jadi sedikit.
    Sedih banget.

    Ijen Suites Hotel Malang nyaman banget fasilitas lainnya yang dijaga kebersihannya.

  5. Aku pas ke Malang akhir 2019 sempat lihat booth Ijen Suites di sebuah pameran wisata. Emang sejuk banget ya baru liat dari view di pamflet mereka. Apalagi pas lihat menu sarapan omelet roll plus sosis, itu boljug, kayak protein pas buat si sulung yang doyan banget ma sosis. Kapan2 kalau ke Malang, dah tahulah mau nginap di mana. Makasih rekomendasinya, Mba Bila.

  6. Aku sama sekali belum pernah ke Malang nih. Bisa jadi salah satu hotel yang direkomendasikan yaaa.. Tempatnya enak nih, bersih pula.
    Emang bener loh, kalau mau menyimpulkan masakan hotel itu enak atau enggak, memang harus bersantap sarapan agar tau standar masakan hotel tersebut. Kalau sarapan aja udah enak, pasti yang lain-lain bakalan jauh lebih enak.

  7. Wahh deket sama rumahku ni mba <3
    Ijen Suites emang nyamaann aku juga pernah ada diklat di situ hehe..
    menurutku untuk hotel bintang 5 juga ngga terlalu mahal harganya, worth it laah

  8. Rika Widiastuti Altair

    Aku belum pernah ke Malang. Kalau nanti diberi kesempatan ke Malang, pengen nginep di sini juga. Penasaran sama yg diulas di sini.

  9. Wah… Bisa jadi rekomendasi nih kalau mau menginap di malang. Lumayan nyaman walopun ada masalah si kulkas dan sarapan yang rasanya di luar ekspektasi ya. Harganya juga standar sebagai hotel bintang 4 ya.

  10. Ijen Suits sih memang enak banget buat staycation, setuju aku. btw yg di atas maksudnya weekdays ya mbak bukan weekend? jadi agak baca 3x baru ngeh, hahaha..

    btw menu sarapan kadang memang suka berubah2 sih rasanya, kdg rasanya enak kdg B aja. maybe tergantung perut >.< ahahah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *