Lompat ke konten

Rekomendasi Kuliner Banyuwangi yang Sudah Saya Coba. Lezat Semuanya!

kuliner banyuwangi terbaru

Rekomendasi kuliner Banyuwangi ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya selama tiga kali ke Banyuwangi. Sebetulnya tidak banyak tempat makan yang kami coba, lantaran terkadang kami menghabiskan waktu sarapan di hotel Banyuwangi dan makanan dari tempat klien atau rumah saudara. Tetapi yang jelas, saya selalu suka kuliner di Banyuwangi. Apalagi rasa sambalnya yang selalu bikin kepengin nagih dan kembali lagi. Saya bisa memastikan kalau berat badan saya selalu bertambah setiap saya ke Banyuwangi! Hehehe.

Berikut beberapa rekomendasi kuliner Banyuwangi yang sudah saya coba, yakni ada Sego Tempong Mbok Wah, Warung Biru Bu Erna, Sego Tempong Mbok Nah, dan Tahu Petis Pak Agus. Detailnya ada di bawah, ya:

1. Sego Tempong Mbok Wah.

Saya mendapat rekomendasi kuliner Banyuwangi Sego Tempong Mbok Wah ini dari teman-teman di Instagram saya. Tempatnya sih agak masuk-masuk gang, ya. Parkirannya sangat susah, apalagi kalau membawa mobil. Nggak berada di pinggir jalan raya tetapi ada di dalam gang. Lebih baik kamu ke sana membawa motor, meski sebetulnya ada jukir yang bisa membantu kalau bawa mobil.

Saya ke sana pada siang hari, jadi menu juga masih lumayan lengkap. Menurut rekomendasi di Google Bussiness, yang enak adalah nasi cumi. Saya pun memesan nasi cumi dengan sambel. Duh, nulis ini aja sudah bikin saya kemlecer! Sambelnya itu lho yang sangat segar dan pedas! Memang sedikit berair mungkin karena dari tomatnya ya. Cuminya juga sangat empuk dan tidak amis meski dimasak dengan menu cumi hitam.

Pada dasarnya sego tempong ini adalah nasi, ditambah sayur, tahu tempe, dan lauk. Kemudian disiram oleh sambal yang lumayan banyak, kalau kata adek ipar saya, seperti ditempong atau ditampar oleh orang rasa sambelnya. Untuk lauknya ada macam-macam, mulai dari telur, ayam, cumi, udang, ikan, dll.

Suami saya memesan ikan kakap. Ternyata juga enak! Kita juga bisa minta ekstra sambal kalau masih kurang juga. Untuk harga sego tempong mbok Wah per porsi saya kurang paham, tetapi seingat saya kami bertiga makan beserta minum dan kerupuk itu hanya habis sekitar 130 ribuan saja. Menurut saya cukup ekonomis, enak, dan porsinya pun banyak. Nagiiihhh pol!

Alamat Sego Tempong Mbok Wah: Jalan Gembrung No. 220 Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan, Kec. Glagah, Kabupaten Banyuwangi.

kuliner banyuwangi terbaru
Enak banget, kan, tampilannya!

2. Warung Biru Bu Erna

Ini dia warung yang membuat saya selalu kembali ketika berkunjung ke Banyuwangi. Tempatnya juga di area kota, mudah dijangkau, dan terletak di pinggir jalan. Sehingga kalau mau parkir mobil pun juga tidak susah karena ada jukirnya.

Menu utamanya adalah ikan bakar dan seafood. Saya sangat merekomendasikan kamu untuk menjajal udang bakarnya yang super lezat! Dalam satu porsi ada sekitar tiga (kalau enggak empat) tusuk. Per tusuknya terkadang diisi tiga sampai empat ekor udang, tergantung besar kecilnya juga ya. Bumbu bakarannya itu nggak pelit, gurih dan manis. Sementara sambalnya sangat segar, tapi menurut saya tidak terlalu pedas. Saya biasanya meminta sambal ekstra kalau sedang berkunjung ke warung biru Bu Erna.

Selain soal makanan yang lezat, es jeruknya juga sangat segar dan manis. Cocok sekali untuk perpaduan dengan makanan. Oh, ya, Bu Erna juga menjual tahu walik. Rasanya biasa saja menurut saya, tetapi boleh jika penasaran untuk mencoba. 

Hal yang paling saya suka adalah harganya yang murah. Kami pernah makan berempat sudah sama minum dengan menu udang, hanya menghabiskan sekitar 120 ribuan saja. Duh kepengin balik lagi, deh!

Alamat Warung Biru Bu Erna: Jalan Kolonel Sugiono, Kertosari.

kuliner banyuwangi terbaru
Warung Biru Bu Erna Banyuwangi, recommended!

3. Sego Tempong Mbok Nah

Di Banyuwangi banyak sekali yang menjual sego tempong. Sepertinya memang menjadi kuliner andalan di sana. Sego tempong yang pertama kali saya coba ada di Sego Tempong Mbok Nah. Letaknya tidak jauh dari Warung Biru Bu Erna, berada di pinggir jalan dan mudah dijangkau.

Berbeda dengan sego tempong Mbok Wah, saya mencoba di sana saat malam hari. Rasanya sendiri similiar, tetapi saya pribadi lebih menyukai Mbok Wah. Sambalnya di Mbok Nah sangat pedas. Sementara lauknya kebanyakan serba gorengan. Saya menjajal ayam dan dadar jagung. Warungnya juga sangat ramai oleh pengunjung hingga malam hari. Saya pun menduga Sego Tempong Mbok Nah termasuk yang jadi favorit di kalangan warga lokal.

Alamat Sego Tempong Mbok Nah: Jalan Kolonel Sugiono No. 16 Kertosari

4. Tahu Petis Pak Agus

Lokasinya dekat dengan Hotel Illira Banyuwangi. Yang saya sukai adalah tahu gorengnya yang fresh dan asin (karena ditaburi garam). Selain itu, rasa petisnya juga tidak medhok dan tidak terlalu kental. Cukup manis dan gurih untuk saya. Bahkan anak-anak saya juga suka dengan petisnya. Kalau kamu beli, biasanya harus antri agak panjang karena pelanggan Tahu Petis Pak Agus cukup banyak. Saya sampai tidak pernah mempunyai foto dari makanan ini karena selalu cepat habis dan rasanya nagih sekali.

Alamat Tahu Petis Pak Agus: Jalan Yos Sudarso No. 119 Lingkungan Tj. Klatak Kec. Banyuwangi.

Penutup

Itu tadi empat rekomendasi kuliner Banyuwangi yang sudah saya coba. Semuanya berada di area kecamatan Banyuwangi, ya. Beberapa juga mudah dijangkau dan sejalan kalau kamu sedang perjalanan darat menuju atau pulang dari Bali. Semoga membantu dan selamat kulineran!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *