“Adek.. ayo cepat naik. Roketnya mau berangkat, kita mau ke Planet Mochi!” seru Mahira pada adiknya. 

Laiqa langsung menuruti permintaan kakaknya. Dia bergegas naik ke dalam roket, memakai topeng astronot dan terbang menuju Planet Mochi. Konon katanya, di Planet Mochi ada banyak mainan yang seru. 

Tampaknya, mereka sudah sangat bosan di rumah melulu. Mau ke playground di mall tak bisa, ke taman dekat rumah juga dilarang bunda. Akhirnya, mereka memutuskan untuk liburan ke planet lainnya saja! Hehehe. 

“Siapa tahu di Planet Mochi nggak ada corona… biar kita bisa bermain bersama!” ujar Mahira.

Tiba di Planet Mochi,
Banyak Permainan Seru!

Setelah menempuh perjalanan dan melewati jutaan kilometer, mereka tiba juga di Planet Mochi. Pasti pada penasaran, kan, seperti apa sih dan di mana Planet Mochi itu berada. Tenang, nanti Mahira dan Laiqa akan tunjukkan lewat permainan yang menyenangkan! Mahira dan Laiqa pun sudah tak sabar dan sangat gembira. Mereka sudah siap dengan segala permainan yang ada di Planet Mochi. Bagi mereka, Planet Mochi tempat untuk recharge kebahagiaan dan energi sebelum nanti balik lagi ke Bumi.

Begitu tiba di Planet Mochi, mereka terkejut. Bagaimana tidak, ternyata Planet Mochi dijaga oleh seorang alien yang sangat mirip dengan ibu mereka! Karena tampak familiar, mereka memanggil alien penjaga Planet Mochi itu sebagai Bunda. 

Ada berbagai permainan yang tersedia di Planet Mochi. Bunda Alien pun meminta mereka untuk memilih mainan mana yang akan mereka lakukan terlebih dahulu. Mahira dan Laiqa memilih empat permainan. Keempat mainan di Planet Mochi itu adalah menggunting printable, DIY Playmat Galaxy, Menebak Planet Mochi, dan Menghias Paddle Pop Mochi.

Planet Mochi ini memang terinspirasi dari es krim Paddle Pop Mochi yang berbentuk bulat, rasa manisnya pas, dan tekstur yang kaya. Bisa dibilang, es krim Paddle Pop ini es krim yang cocok untuk anak-anak karena kandungan gizinya sesuai dengan kebutuhan harian anak. Isi es krim Paddle Pop tidak lebih dari 110kkal per porsi, 3 kg lemak jenuh per porsi, dan 20g gula tambahan per porsi. Pada postingan ini, saya akan berbagi pengalaman ceria ketika bermain dan liburan ke Planet Mochi serta memberikan wawasan singkat mengenai es krim Paddle Pop kecintaan anak-anak dan keluarga ini! Baca sampai selesai, ya. Di bawah, saya memberikan informasi video yang dapat Emak lihat agar bisa mengikuti permainan-permainan ini di rumah bersama anak.

liburan ke planet mochi

Inspirasi Permainan dari Planet Mochi

Keempat permainan ini terinspirasi dari sesi virtual Liburan ke Planet Mochi yang kami ikuti bersama Nana Mirdad dan Mungilmu. Sesi ini sudah terlewat, tetapi, kamu tetap bisa bermain dengan membaca tulisanku ini dan melihat YouTube Paddle Pop. Jangan khawatir, cara bermain dan download printable-nya ada di bawah. Pastikan kamu membacanya sampai tuntas, ya. Pada sesi bersama Nana Mirdad dan Mungilmu, ada beberapa permainan yang sangat mengasyikkan. Namun, hanya kami adaptasi beberapa saja. Dengan bahan-bahan yang mudah dan sudah tersedia di rumah. Selain itu, saya juga mengikuti selera serta ritme bermain anak.

liburan ke planet mochi

Permainan Pertama: Menggunting Printable dari Paddle Pop

Setelah mendaftar untuk ikut sesi dengan Mungilmu dan Nana Mirdad, saya mendapat PDF yang berisi panduan permainan. Paddle Pop memberikan printable yang dapat didownload secara gratis untuk permainan selanjutnya yakni DIY Playmat Galaxy.

Menggunting ini memiliki berbagai manfaat untuk anak usia dini. Anak-anak saya, Mahira dan Laiqa, memiliki usia yang berbeda. Mahira berusia 5 tahun dan Laiqa berusia 2.5 tahun. Mahira telah belajar menggunting sejak usia 3 tahun dan langsung menggunakan gunting beneran. Sekarang, ia sudah cukup lancar menggunting untuk aktivitas sehari-hari.

Sementara Laiqa, karena usianya juga masih 2.5 tahun, butuh lebih banyak berlatih. Menggunting ini banyak manfaatnya lho, Mak. Pertama, melatih motorik halus. Ini terjadi ketika anak menggerak-gerakkan gunting dan mengikuti alur garis putus-putus pada kertas. Motorik halus yang terlatih akan membantu anak untuk lebih siap menulis pada usia atau jenjang yang lebih tinggi. Kedua, melatih konsentrasi dan koordinasi tangan-mata. Konsentrasi yang terlatih ini akan banyak memberi dampak baik pada pertumbuhan otak.

Ketiga, meningkatkan kepercayaan diri. Terutama ketika kita terus mendukung dan mengapresiasi apapun hasil guntingan anak. Anak juga akan bahagia ketika berhasil menggunting sampai selesai, karena telah menyelesaikan “misi” dan puas melihat hasil dari usahanya sendiri.

Mahira senang dengan hasil guntingannya.

Permainan Kedua: DIY Playmat Galaxy

Pada permainan ini, kami menggunakan printable yang telah digunting, karton bekas, serta kertas biru tua yang telah saya siapkan lengkap dengan orbit lintasan planet. Tugas Mahira dan Laiqa menyusun sistem tata surya sesuai urutannya. Saya memberi clue atas nama planet dan mereka pun menebak ciri-ciri planet berdasarkan karakteristiknya.

Manfaat dari permainan ini adalah aspek sosial, yakni kerjasama dengan anggota keluarga lainnya seperti kakak atau adik serta ayah dan bunda. Anak juga akan lebih bisa memahami sistem tata surya dengan cara yang menyenangkan. Ini akan lebih mudah diingat-ingat oleh anak.

review liburan ke planet mochi
Laiqa sedang asyik dan konsentrasi menyusun tata surya.

Permainan Ketiga: Menebak Planet Mochi

Permainan ini sangat menyenangkan. Sebab, Paddle Pop memberi beberapa petunjuk tentang keberadaan Planet Mochi. Petunjuk ini dapat kita pecahkan ketika kita mengikuti arahan dari kakak-kakak di Mungilmu. Apabila Emak tidak sempat mengikuti sesi, Emak bisa melihat videonya di YouTube. Saya memberikan panduan di bawah, nanti bisa scrolling, ya.

Petunjuk pertama disampaikan oleh Planet Merkurius. Dia mengatakan bahwa nama asli Planet Mochi berasal dari dewa langit yunani. Petunjuk kedua datang dari Planet Venus. Menyurut Planet Venus, Planet Mochi adalah planet ketujuh dari matahari. Petunjuk ketiga datang dari big blue marble planet yakni Bumi. Bumi memberi petunjuk bahwa Planet Mochi memiliki 27 satelit alam. 

Mars juga ikut memberikan petunjuk. Mars memberitahu pada kami bahwa Planet Mochi itu planet yang dingin. Mungkin karena Planet Mochi ini jauh dari matahari. Petunjuk selanjutnya dari Jupiter tidak kalah menarik. Jupiter menyebutkan bahwa Planet Mochi ditemukan pada tahun 1781 oleh astronomer bernama William Herschel. Setelah Jupiter, Saturnus juga memberi petunjuk baru yang lebih spesifik. Ia mengatakan bahwa Planet Mochi berwarna biru. Neptunus, yang merupakan planet terakhir, memberikan petunjuk bahwa Planet Mochi dan Neptunus kerap disebut dengan raksasa es. Karena keduanya sama-sama dingin dan besar.

Dari semua petunjuk yang ada, ternyata Planet Mochi yang dimaksud pada permainan kali ini adalah Planet Uranus! Emak bisa melihat seluruh permainan yang kami lakukan saat Liburan Ke Planet Mochi pada video di atas. Saya juga memberikan video singkat tentang penggunaan aplikasi Assemblr untuk melengkapi seseruan permainan di Planet Mochi.

Menariknya, kita dapat melihat ukuran mini dari tata surya melalui aplikasi Assemblr. Anak-anak saya sampai nggak berhenti berdecak kagum, lho, Mak. Permainan ini memiliki sejumlah manfaat untuk anak. Pertama, melatih kognitif dan mengasah ingatan anak. Ini dapat terjadi dalam proses tebak-tebakan untuk mencari Planet Mochi sesuai clue atau petunjuk yang muncul pada video.

Kedua, manfaat sains. Melalui permainan tebak-tebakan, anak jadi lebih mengenal karakteristik planet yang ada di tata surya. Ketiga, pengenalan pada teknologi. Saat era digital seperti ini, kita tidak bisa menghentikan anak untuk mengakses internet dan mengenal teknologi. Yang dapat kita lakukan adalah memberikan pendampingan dan arahan dalam menggunakannya. Menggunakan aplikasi Assemblr untuk melihat bentuk nyata berbagai planet adalah salah satu caranya.

Permainan Keempat: Menghias Paddle Pop Mochi

Ketika mengikuti zoom, Planet Mochi belumlah terlihat bentuk fisik dan lokasinya. Kakak-kakak dari Mungilmu memberi tantangan pada anak-anak untuk menghiasi Planet Mochi agar misi Liburan ke Planet Mochi pada hari itu bisa selesai.

Bermain dengan cara menghias es krim memberi anak sejumlah keuntungan. Pertama, rasa dingin pada anak dan tekstur yang kaya pada es krim Paddle Pop Mochi dapat menstimulasi sensori. Mereka akan merasakan sensasi dingin, lembut, kenyal, dan tekstur lainnya yang kita gunakan dalam satu aktivitas.

Kedua, melatih kognitif dan kreatifitas anak. Kita dapat memberikan kemerdekaan penuh pada anak untuk memakai imajinasinya dalam menghiasi es krim Paddle Pop Mochi. Kita juga dapat memberikan printable yang telah digunting oleh anak seperti Singa Paddle Pop dan beragambar bintang sebagai hiasan di atas es krim Paddle Pop Mochi.

Sebetulnya, Kakak Mungilmu menyarankan kami untuk memakai pewarna makanan warna biru atau warna lain agar mirip seperti Planet Uranus. Karena saya tidak punya dan anak-anak lebih menyukai hiasan meses serta buah, jadilah saya memakai meses dan buah stroberi. Hasilnya sangat memuaskan, anak-anak pun senang!

Yuk, Ikut Bermain!

Emak yang tidak sempat mengikuti keseruan bersama Paddle Pop Mochi tetap bisa mengikuti tamasya virtual ini bersama anak-anak. Emak tinggal mengakses tiga video di YouTube Channel Paddle Pop. Ada sesi bermain bersama Enno Lerian dan Rumah Dandelion, Nana Mirdad dan Mungilmu, serta Melki Bajaj dan Buumi Playscape.

Sementara untuk printable-nya, Emak bisa mendownloadnya melalui link yang tersedia di akun Instagram Paddle Pop. Jika masih kebingungan, kamu bisa melihat tutorial dari saya di sini, Mak. Guampang banget, kok. Buruan ikutin permainan asyik dari sesi Liburan ke Planet Mochi! Keburu Paddle Pop bikin acara baru, lho. Bulan lalu saja, saya juga mengikuti aktivitas menyenangkan bersama Paddle Pop Seaventure. Saya dan anak-anak sih tidak mau ketinggalan kegiatan menyenangkan dari Paddle Pop selama pandemi. Hihi.

liburan ke planet mochi paddle pop

Anyway, saya menyarankan anak-anak untuk mengikuti berbagai permainan dan aktivitas bersama Paddle Pop Mochi. Tentu saja aktivitas ini harus dengan pendampingan orang tua, ya. Sebab, ada banyak banget manfaat dari bermain bersama keluarga. Emak mungkin sudah tahu banyak ahli yang mengatakan bahwa anak-anak belajar melalui kegiatan bermain. Manfaat bermain ini bukan hanya untuk anak bayi saja, tetapi hingga anak yang berusia sekolah. Ketika anak bermain bersama keluarga, ada 4 manfaat yang mereka peroleh.

Pertama, manfaat kognitif. Bermain dapat melatih keterampilan berpikir kritis pada anak, memperkuat memori, membantu anak-anak memahami sebab dan akibat, dan, membantu anak-anak menjelajahi dunia serta peran mereka di dalamnya. Kedua, manfaat fisik. Ini dapat sangat berpengaruh pada perkembangan motorik halus, kasar, serta mendukung keseimbangan dan ketangkasan. Pada sesi Liburan ke Planet Mochi, banyak permainan yang melatih motorik halus anak. Untuk motorik kasarnya, saya berikan sedikit melalui naik-turun roket dan berjoget.

Ketiga, manfaat sosial. Bermain juga penting untuk perkembangan sosial. Anak akan belajar bagaimana berinteraksi dengan orang lain, termasuk keluarganya seperti kakak atau adik serta ayah dan ibu. Anak juga dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi, bekerjasama, berbagi ide, kesempatan, dan memahami peraturan. Keempat, manfaat emosi. Ketika bermain bersama, anak akan belajar menghadapi kemenangan dan kekalahan. Peristiwa-peristiwa ini dapat memicu emosi seperti senang, sedih, marah, takut, khawatir, dan lainnya. Dengan bermain, anak mendapat kesempatan untuk mengenal emosi dan belajar memproses emosi tersebut. Bermain juga dapat membantu anak untuk membangun kepercayaan diri, perkembangan identitas, dan harga diri mereka.

manfaat bermain untuk anak

Nostalgia Keluarga dengan
Es Krim Paddle Pop yang Kids Friendly

Saya selalu excited mengikuti berbagai kejutan dari Paddle Pop. Sejak saya masih kecil, Paddle Pop tidak pernah tua dan selalu menemani. Mulai dari memberikan bonus CD, permainan, hingga ada film yang sangat seru! Sekarang, ketika pandemi pun, Paddle Pop selalu setia membersamai anak-anak saya bermain bersama secara virtual. 

Saya pernah berbagi varian es krim Paddle Pop beserta sebagian informasi nilai gizi. Emak bisa mengeceknya pada tulisan ini. Saya menulis di situ agar Emak bisa lebih melek informasi nilai gizi dan membantu membuat keputusan yang baik. 

Barangkali masih banyak orang tua yang khawatir memberi es krim pada anak. Biasanya, orang tua khawatir batuk karena suhu es krim yang dingin atau khawatir dengan gula pada es krim. Padahal, memberikan anak kesempatan untuk makan es krim bukanlah hal yang buruk. Anak-anak kita juga perlu mengeksplorasi rasa dan tekstur berbagai makanan. Tugas kita sebagai orang tuanya adalah memberikan makanan yang tepat dan aman untuk anak.

Saya kebetulan bukan ibu yang telaten membuat es krim sendiri di rumah. Oleh karena itu, saya selalu meluangkan waktu untuk menyetok es krim yang aman untuk anak. Saya tidak pernah memberi merek lain pada anak. Hanya Walls dan secara khusus ya Paddle Pop ini. Kadang anak-anak mencicipi varian yang lain seperti Cornetto Mini atau Feast yang sering dikonsumsi oleh saya dan suami.

Anak-anak saya juga suka makan es krim Paddle Pop karena rasa manisnya yang pas dan tampilannya menarik. Mereka biasanya memilih sendiri, kadang mau yang coklat, rainbow, twister, doraemon, hingga yang mochi. Varian Paddle Pop Mochi ini istimewa buat kami, karena kebetulan saya dan suami suka sekali kue mochi. Tekstur Paddle Pop Mochi pun unik, dingin dan manis di dalam serta kenyal di luar.

Saya juga tidak terlalu khawatir memberikan es krim pada anak karena sudah terbukti bahwa memberikan es krim tidak membuat anak-anak saya sakit. Mungkin karena sudah cukup legendaris, ya, sudah teruji juga mutunya. Saya yakin Walls dan secara khusus Paddle Pop tidak memakai gula yang kualitasnya rendah atau memakai bahan-bahan yang berbahaya. Sebab, saya juga tidak pernah merasakan serik atau sakit pada tenggorokan setelah makan es krim Walls.

Penutup

Ternyata, ada banyak sekali cara untuk mengisi liburan dan bermain bersama anak. Kalau menggunakan permainan yang ada di rumah saja, anak-anak saya cepat bosan. Saya senang Paddle Pop memberikan acara virtual yang menarik dan mengesankan selama beberapa pekan.

Sudah begitu, permainannya pun edukatif dan sekaligus membantu perkembangan anak. Kolaborasi bersama artis dan akun-akun bermain anak membuat acara ini semakin variatif dan memberi kami pengalaman baru yang menyenangkan. Apakah Emak sudah mencoba permainan ini bersama anak-anak? Sesi mana yang paling asyik? Coba ceritakan pengalaman liburan ke Planet Mochi di kolom komentar, yuk!

35 tanggapan pada “Liburan ke Planet Mochi, Ceria Bermain Bersama Keluarga Saat Pandemi”

  1. Ada main tebak-tebakan planet mochi menyenangkan buat anak-anak, sepertinya asik juga nih buat Ponakan daku bisa ikutan juga, eh aunty nya juga sih mau ikutan hahah

  2. kreativitas ibu buat ngajak anak bermain sambil belajar di rumah aja selama masa pandemi emang jadi hal yang wajib yaaa, edutainment paddle pop ini seru juga yaa, bisa main-main, masak-masakan sekaligus belajar juga

  3. As always mba Nabilla selalu bikin semangatt bacanya. Lucu pernak perniknyaaaa.
    Jadi pengin ikutan liburan ke planet mochii, seruuu sekali melihat kk cantik berduaa. Isya ikutan dong kakk 😀

  4. waaah seru banget ya kak jalan-jalan ke planet mochi bareng paddle pop
    aku tuh suka ice cream paddle pop. dari masih kecil, sampe udah nikah. hahaha
    pengen ikutaaaan deh jalan2nya

  5. Anakku juga ikut yang ini pas sama Nana Mirdad! Seru banget dan kebetulan ditemenin Bapaknya, karena aku ada meeting wkwk. Tapi semuanya senang kok, apalagi pas bagian menghias es krim hehehe. Langsung semangat!

  6. Aku dan Thariq pun ikutan niih yang ke Planet Uranus
    pertama kalinya Thariq ikutan playdate virtual gini
    Eh, kita kok ga ketemu ya di layar? Hihihi
    Thariq sukaaa banget pas bagian nyusun planet-planetnya itu

    Paddle Pop emang es krim legend dari aku kecil dan selalu jadi favorit keluarga
    Semoga liburan virtualnya ada lagi yaa

  7. Cornetto mini dan Feast, favorit kami juga ini. Biasanya anak-anak beli es krim sepulang sholat Jumat, pake uang jajan mereka sendiri. Trus mamanya dibeliin juga.

    Wah, sholat Jumat besok (kalau masjidnya sudah boleh dipakai) mamanya mau request Paddle Pop Mochi ah.. Hihi.. Mochi dan es krim tu cemilan favorit saya. Kalo dua cemilan favorit menyatu, pasti jadi makin istimewa nih rasanya. 😍

    Omong-omong, permainannya seru banget.. Anak-anak jadi mengenal planet dan luar angkasa dengan cara yang menyenangkan. Kalau cara belajarnya semenyenangkan ini, bisa nempel terus ilmunya. 😊

  8. Yiipppiii!, Paddle Pop ini paham banget yaaa, kegalauan ortu jaman now
    butuh menyediakan sarana bermain belajar yg asik buat bocah2
    aakk, kalo kayak gini sih, dijamin anak2 syukaaaa dan makin betah walo di rumah aja yaaa

  9. Bagus bnget sih mba template blog nya. Hmmm…Jadi enak baca artikelnya betah ya bnyk kejutan-kejutannya. Anyway…seruuu ya jalan-jalannya ke planet mochi bareng Paddle pop…Anak-anak seneng pastinya…

  10. Artha Nugraha Jonar

    wah seru banget liburan virtualnya. Anak-anak yang dirumah bakalan gak bosen lagi. Bisa menjelajah dan berpetualang kemana-mana.

  11. Asiknyaaa liburan ke planet mochi bareng Paddle Pop! Hias es krim mochi pakai meses dan stroberi juga enak dong, makin kerasa cokelatnya dan ada asem-asem stroberi, hihi …

  12. Seru2 permainan anak2 sekarang. Nggak cuma ditonton tapi juga mengajak anak2 berinteraksi dan melatih mereka mewujudkan imajinasinya. Bisa jadi penawar pjj yg bikin penat.

  13. seruuuu bangeeett yaaa liburan virtual ke luar angkasa.
    aku gagal fokus liat videonya. adek kakak gemeeessiiin bangeeettt akting naik roketnyaaa 😀

  14. Seru banget nih petualangan ke planet Mochi. Menghias es krim Paddle Pop Mochi juga asik ya ternyata. Aku juga suka es krim Paddle Pop Doraemon. Es krim Paddle Pop rasa cokelat juga aku suka.

  15. Aku belum pernah nih cobain es krim Paddle Pop Mochi, pasti enak deh rasanya, apalagi dikreasikan dengan strawberry seperti di foto ini. Serunyaaa membuat DIY dan liburan ke planet Mochi! Anak-anak pasti senang dan gak bosan meski di rumah aja ya 🙂

  16. Laiqa dan kaka semangat banget yaa…
    Playmat ini memang bikin happy…
    Gede banget sehingga anak bisa membayangkan orbital setiap planet yang ada di tata surya kita ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *