Lompat ke konten

#InternetnyaIndonesia Bikin Bisnis
Sewa Mainanku
Memelesat Tanpa Batas

2
Tanggal 16 Juli lalu, Tasya Farasya menyewa white bouncy castle saya.

Oktober 2019 saya meluncurkan bisnis unik bernama persewaan white bouncy castle. Produk ini merupakan yang pertama dan untuk saat ini menjadi satu-satunya di Indonesia. Menurut perhitungan dan riset yang saya lakukan, apabila saya berhasil menjangkau market yang tepat, bisnis ini bakal lekas melesat.

Analisis saya terbukti. Saya langsung mendapat beberapa klien dan diajak kolaborasi pada sebuah pameran di mall hanya dalam waktu 3 bulan. Akan tetapi, kegembiraan saya tidak merekah terlalu lama karena Maret 2020 corona masuk ke Indonesia. Bisnis saya terdampak cukup parah.

Oktober 2019 saya meluncurkan bisnis unik bernama persewaan white bouncy castle. Produk ini merupakan yang pertama dan untuk saat ini menjadi satu-satunya di Indonesia. Menurut perhitungan dan riset yang saya lakukan, apabila saya berhasil menjangkau market yang tepat, bisnis ini bakal lekas melesat.

Analisis saya terbukti. Saya langsung mendapat beberapa klien dan diajak kolaborasi pada sebuah pameran di mall hanya dalam waktu 3 bulan. Akan tetapi, kegembiraan saya tidak merekah terlalu lama karena Maret 2020 corona masuk ke Indonesia. Bisnis saya terdampak cukup parah.

Demi keamanan crew dan kenyamanan klien, saya memutuskan untuk tidak mengambil pesanan sama sekali sampai situasi cukup kondusif. Setelah delapan bulan tepatnya bulan Oktober 2020, barulah saya berani menerima klien dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Beberapa klien saya bahkan mengharuskan saya melakukan antigen dulu sebelum masuk rumah.

Perlahan, bisnis saya kembali bangkit. Saya menjadwalkan pasang adsense di Instagram sebulan sekali untuk menjangkau market agar bisnis saya dikenal pelanggan. Cara ini membawa hasil yang baik, hanya saja ketika kasus sedang tinggi seperti ketika varian delta dan omicron melanda, bisnis saya kembali sepi pesanan.

1
Saya berpose di depan white bouncy castle saat ultah anak Tasya Farasya.

Saya tidak pernah lagi melakukan pola pemasaran tradisional dengan mengikuti pameran. Selain mencegah penularan covid-19, menurut saya digital marketing jauh lebih efektif dan tepat sasaran. Saya pun bisa menghemat budget dan bisa melakukan pekerjaan yang lain. 

Berkat konsistensi, doa, dan peningkatan pelayanan yang terus saya lakukan, alhamdulillah membuahkan hasil yang manis. Saya tak pernah menyangka bahwa istri Chef Arnold dan Kakak Tasya Farasya mengontak saya secara pribadi untuk menyewa white bouncy castle! Bisnis saya pun berhasil berkembang dan melampaui batas wilayah. Bahkan, sudah tiga bulan ini saya tidak lagi mengandalkan adsense karena sudah cukup kewalahan dengan pesanan klien baru.

Saya rasa, ini semua takkan dapat terwujud tanpa kehadiran Internetnya Indonesia yang kuat, stabil, dan mampu menjembatani impian saya.

Digital Marketing Menjadi Jalan Ninjaku

Dapat saya katakan bahwa digital marketing merupakan metode yang sangat powerful. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan, baik dengan yang berbayar maupun gratisan. Saya melakukan kedua hal ini pada bisnis persewaan white bouncy castle saya. Oh, ya, bisnis saya ini bernama Momain. Nama ini terinspirasi dari rengekan anak ketika minta main. “Bunda, kakak mo main please.”

Saya akan membagikan rahasia saya dalam melakukan digital marketing di Instagram untuk menjalankan Momain. Cara ini sudah saya jalankan sejak awal Momain berdiri hingga bisa mendapat klien yang tepat. Saat ini, Momain sudah melayani lebih dari 45 pesanan dan beberapa diantaranya sudah melakukan repeat order. Beberapa klien Momain merupakan sejumlah tokoh penting seperti Wakil Walikota Surabaya, Pengusaha beberapa properti di Surabaya, Pemain Sepakbola, Chef selebriti (Chef Arnold), hingga YouTuber ternama (Tasya Farasya). 

Sebelum kita mulai, saya memiliki dua syarat. Pertama, pastikan kamu sudah memiliki koneksi internet yang memadai, ya. Saran saya, gunakanlah koneksi internet yang memiliki jaringan terluas dan kuat agar tidak menghambat aktivitas digital kita seperti IndiHome. Syarat kedua adalah yakinkan pada diri sendiri bahwa kita selalu mau belajar hal baru.

Menjangkau Market Potensial Secara Gratisan

Percaya, deh, sama saya. Kita, tuh, bisa banget mendapatkan pelanggan dengan budget nol rupiah. Cukup membuat akun Instagram dan jadikan akunmu sebagai akun bisnis agar bisa mendapat data insight account untuk melakukan analisis. Beberapa kiat yang dapat saya berikan untuk melakukan digital marketing secara gratisan adalah:

Riset Hashtag

Instagram tidak pernah membocorkan berapa jumlah hashtag yang perlu kita letakkan pada caption. Akan tetapi, ada beberapa hal yang saya pelajari. Kita tidak perlu terlalu banyak memakai hashtag. Cukup gunakan yang memang sesuai dengan bisnis kita. Hindari spam hashtag dan menggunakan hashtag yang terlalu umum seperti #ootd. Gunakanlah hashtag yang spesifik tetapi memiliki hasil pencarian yang baik dan sesuai dengan bisnis kita. Contohnya, pada bisnis Momain saya menggunakan #sewamainananaksurabaya. Fyi, sebagian klien saya banyak yang melihat konten Instagram dari hashtag!

Untuk mengetahui hashtag yang tepat, kita sebaiknya melakukan riset dulu. Coba saja tulis beberapa hashtag sasaran lalu lihat apakah volumenya sudah sesuai yang kita harapkan. Terapkan beberapa hashtag dan lihat hasilnya dalam dua hingga empat pekan.

b (1)

Rutin Memposting Konten

Terus terang, sebagai pebisnis yang one man show alias nyaris semua urusan masih saya pegang sendiri, rutin memposting konten itu menjadi tantangan bagi saya. Seringkali saya kurang rutin memposting konten di Instagram feed. Namun, sebaiknya kita tetap memposting di Instagram stories. Gunakanlah kejadian yang sedang viral sebagai bahan konten agar mendapat lebih banyak engagement. Namun tetap berhati-hati agar konten kita tetap sesuai dengan value bisnis.

Optimalkan Fitur di Instagram.

Coba kulik lebih dalam. Instagram memiliki banyak fitur menarik. Pada Instagram story, ada fitur interaksi yang dapat menarik engagement. Semakin banyak engagement yang kita peroleh pada IGS pertama (reaksi sticker dan DM), semakin tinggi pula kemungkinan IGS kita akan dilihat oleh akun yang lain. 

Pada Instagram Feed, sekarang kita bisa melakukan pinned post. Manfaatkan fitur ini untuk menunjukkan sesuatu yang sangat penting untuk diketahui pelanggan. Misalnya saja informasi promo atau hasil ulasan terbaru dari pelanggan kita. 

Apabila kamu ingin mendapat engagement yang lebih tinggi, bermainlah di Instagram Reels. Kuncinya ada pada konten dan lagu yang menarik. Kita juga bisa memanfaatkan beberapa template yang telah digunakan oleh kreator lain. Menarik, kan?

Menjangkau Market dengan Metode Berbayar

Ketika kita memiliki bisnis, upayakan mengalokasikan biaya marketing per bulan. Besaran biayanya tentu dapat kita sesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan bisnis kita. Untuk Momain, biasanya setiap bulan saya mengalokasikan sekitar 300-500 ribu untuk Instagram ads. Saya memasangnya selama 10-15 hari, kemudian saya evaluasi dulu bagaimana kinerja ads baik melalui statistik, closingan, dan konten ads.

Akan tetapi, sudah tiga bulan ini saya tidak nge-ads. Penyebabnya karena alhamdulillah upaya digital marketing secara gratisan saya berjalan cukup baik. Selain itu, beberapa klien saya rupanya mendapat rekomendasi dari klien saya yang terdahulu. Ini merupakan the power of mouth marketing alias pemasaran dari mulut ke mulut. Biasanya ini bisa terjadi kalau kita memang memberikan jasa atau produk yang bagus dan pelanggan jadi puas.

Berikut adalah beberapa upaya yang saya lakukan untuk digital marketing dengan metode berbayar:

Memasang Ads / Iklan di Instagram

Saya menginvestasikan waktu dan uang untuk belajar ads ini. Sebetulnya sudah cukup lama, yakni sejak saya masih menjalankan bisnis jualan jilbab beberapa tahun lalu. Ini membuat saya cukup pede dan piawai untuk set ads sendiri. Kalau kamu belum bisa, ambil saja kursus online yang ada di beberapa aplikasi belajar online. Opsi lainnya adalah kamu bisa menggunakan jasa orang lain untuk melakukan ads.

Kalau kamu masih coba-coba, ambil saja budget yang rendah dulu. Saran saya, minimal budget ads adalah 30.000 per hari agar mendapat audience yang cukup bagus dan sesuai. Selain itu, aturlah ads dengan laptop dari halaman facebook ads manager atau yang sekarang kita kenal sebagai bussiness manager. Pilihannya lebih detail dan spesifik, berbeda jauh apabila kita melakukan set up ads melalui Instagram di smartphone.

Lakukan Endorsement

Endorsement dapat kita pilih apabila kita memiliki budget yang lebih. Kalau budget kita terbatas, pilihlah influencer yang menerima biaya yang kita ajukan. Jangan asal pilih influencer, ya. Saran saya, jangan hanya melihat besaran followers karena banyak juga, lho, influencer yang melakukan beli followers.

Cek engagement influencer yang sesuai dengan niche bisnis kamu. Kita bisa melakukan pengecekan dengan aplikasi kalkulator engagement media sosial. Selain itu, kita bisa melakukan analisis pula pada jumlah like, komen, dan view di media sosialnya. Lihat juga apakah influencer yang kita tuju rajin melakukan replies pada komentar-komentar di postingannya. 

Pengalaman Saya Melakukan

Digital Marketing untuk Bisnis Momain

Kiat yang saya bagikan di atas bukanlah omdo atau omong doang. Saya sudah melakukannya dan mendapat hasil yang cukup memuaskan. Hasil ini dapat saya lihat melalui statistik atau data pertumbuhan akun bisnis saya di Instagram dan kenaikan jumlah orderan dari klien. Beberapa pengalaman dan data yang saya berikan di bawah ini merupakan salah satu bukti optimasi digital marketing melalui Instagram yang telah saya lakukan. Pada sisi lain, juga menunjukkan manfaat internet yang begitu nyata untuk perkembangan bisnis saya.

Angka Saving yang Tinggi

Banyak postingan saya yang mendapatkan save cukup tinggi. Terutama pada konten-konten yang menarik seperti konten promosi dan konten yang memuat testimoni klien terkenal. Perlu kamu ketahui, semakin banyak angka save dan share pada postingan, semakin tinggi juga potensi konten kita untuk dilihat oleh pengguna lainnya di Instagram.

angka saving
Angka saving yang cukup banyak pada salah satu postingan di @momainbouncy

Angka Viewer Reels yang Tinggi

Saya cukup rutin membuat reels untuk Instagram Momain. Beberapa reels saya mendapatkan view di atas 1000. Terkadang saya pun mendapatkan  lebih dari 2.500 view. Menariknya, viewer reels ini biasanya lintas negara. Meskipun tidak langsung berdampak pada closingan atau penjualan, view reels ini sangat baik untuk meningkatkan angka engagement dan kepercayaan pelanggan.

reels
Beberapa konten reels yang memikat view tinggi di Instagram @momainbouncy

Endorsement Effect

Satu-satunya public figure yang saya endorse adalah istri Chef Arnold yang bernama Ci Tiffany. Sebetulnya beliau tidak meminta endorsement. Komitmen awalnya adalah beliau menyewa produk saya secara mandiri. Tetapi, saya yang menawarkan karena beliau sudah memesan white bouncy castle saya sejak tahun 2021. Keinginan beliau untuk menyewa bouncy sempat tertunda setahun karena varian delta covid-19. Syukurlah tahun 2022 ini dapat terlaksana dengan lancar.

Keputusan saya ternyata sangat tepat. Saya mendapatkan kenaikan 100+ followers baru yang tentu saja organik. Saya juga mendapat calon klien baru setelah diposting oleh Ci Tiffany. Terlebih, beliau melakukan ulasan honest review dengan sangat baik dan membawa pengaruh positif bagi bisnis Momain saya.

Efek lain yang saya peroleh adalah setelah white bouncy castle disewa oleh Tasya Farasya. Kali ini saya tidak mengendorse, melainkan beliau yang mengontak saya melalui Kak Cepi (kakaknya Tasya). Kendati demikian, saya tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin. Hasilnya? Baru kali ini saya mendapatkan viewers story di atas 1600! Selain itu saya pun mendapatkan pelanggan baru dari luar kota.

ci tiff
Ci Tiffany (istri Chef Arnold) dan Arthur (anak Chef Arnold) bermain di white bouncy castle (sumber: Instagram @tiffanysoetanto yang ditag ke @momainbouncy).
Klien baru berdatangan pasca endorsement.

Bisnis Mustahil Melesat

Tanpa Kehadiran IndiHome yang Begitu Akrab

Telah saya ungkapkan di atas bahwa internet lancar menjadi jembatan yang turut mewujudkan bisnis Momain. Saya membutuhkan waktu ekstra untuk bekerja seperti membuat konten, memasang ads, hingga memesan printilan dekorasi untuk pelanggan. Seringkali saya bekerja di coworking space Surabaya agar lebih fokus dan tidak terganggu oleh kegiatan anak-anak. Akan tetapi, saya tidak sembarangan memilih coworking space. Saya hanya memilih coworking space yang menggunakan IndiHome agar pekerjaan saya tidak tersendat.

Kebiasaan ini saya lakukan karena IndiHome sudah menjadi internet rumahan andalan untuk Momain. Bagi saya, kehadiran IndiHome begitu akrab dan mudah sekali kita temui di sekitar. Setahu saya baru IndiHome-lah yang sangat berperan sebagai Internetnya Indonesia dalam menyediakan jaringan internet yang luas dan menjangkau hingga daerah perbatasan di Indonesia.

0 %
pelanggan fixed broadband memakai IndiHome
0 triliun
Sebaran Kabupaten/Kota Layanan IndiHome
0 juta
Jumlah Pelanggan IndiHome akhir Maret 2022

Berdasarkan laporan World Bank, sebanyak 87% pelanggan jaringan internet fixed broadband di Indonesia memakai IndiHome. Indihome sebagai bagian dari Telkom Indonesia tercatat telah memiliki 8 juta pelanggan sepanjang tahun 2020. Jumlah itu bertambah sekitar 1 juta pelanggan dibandingkan dengan tahun 2019. Kenaikan ini juga merupakan efek dari pandemi corona. Sepanjang bulan Januari-Juni 2021, pelanggan IndiHome bertambah 285 ribu orang atau 11,4% menjadi 8,3 juta orang yang tersebar di 496 kabupaten/kota.

Sementara hingga akhir Maret 2022 ini, pelanggan IndiHome sudah mencapai 8,7 juta, tumbuh 7,2 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Peningkatan pengguna ini tidak lepas dari pelayanan optimal yang diberikan oleh IndiHome. Wajar saja jika kemudian pelanggan IndiHome selalu meningkat setiap tahun.

Jumlah pelanggan IndiHome yang terus mengalami peningkatan setiap tahun.

Komitmen dalam Mendukung
#AktivitasTanpaBatas Masyarakat Indonesia

Selain itu, menurut saya yang manfaat internet yang tampak begitu jelas bagi konsumen adalah komitmen IndiHome dalam mendukung berbagai aktivitas digital masyarakat Indonesia. Mulai dari aktivitas yang berhubungan dengan teknologi dan internet, gaya hidup, parenting, game dan eSport, pendidikan, profesi, ekonomi dan bisnis, industri kreatif dan budaya, kesehatan, hingga tourism & hospitality. Memang saat ini, nyaris semua jenis pekerjaan sangat berhubungan erat dengan internet dan proses pemasarannya pun dapat kita lakukan dengan metode digital marketing. 

Komitmen IndiHome ini dapat kita lihat dari beragam program yang ditawarkan untuk pelanggan. Ragam program ini menunjukkan bahwa IndiHome memahami kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda, begitu juga dengan budget bulanan untuk internet rumah. Menurut saya, paket yang diberikan IndiHome sangat variatif dan worthy banget.

Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix)

Paket IndiHome (Dengan Akses Netflix) sangat cocok buat kita yang movie addict. Selain itu, kita juga bisa nonton beragam tayangan favorit dari ratusan channel TV dan bebas nelpon hingga ratusan menit. Paket 3P (Internet+TV+Phone) ini mulai dari 615ribu/bulan. Paket juga sudah termasuk bebas nelpon 100 menit (lokal/interlokal), 119 channels TV entry, dan bebas akses Netflix, Disney Hotstar, dan USeeTV.

Paket IndiHome (dengan Akses Disney+ Hotstar)

Paket IndiHome (Dengan Akses Disney+ Hotstar) hadir dalam tiga pilihan, yaitu Paket 3P (Internet + TV + Phone), 2P (Internet + TV), dan 2P (Internet + Phone) dengan beragam kecepatan internet dan bisa dipilih sesuai kebutuhan kita. Harganya mulai dari 275 ribu hingga 1.725 juta per bulan. BIaya dan kecepatan internet ini bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita sehari-hari, ya!

Promo Paket IndiHome

Khusus untuk kita yang memiliki budget terbatas, IndiHome memiliki paket mulai harga 200ribuan aja! Paket ini sudah bisa memberikan koneksi ngebut dan stabil ala IndiHome. Selain itu, nikmati juga banyak bonusnya, mulai dari cashback Rp150.000 hingga ekstra 61 channel TV selama 3 bulan, hingga bebas pilih bonus bingkisan. Dengan begini, aktivitas digital kita makin mudah, deh!

Promo Spesial IndiHome

Program Promo Spesial IndiHome menghadirkan layanan internet cepat dengan harga terhemat. Kita bisa menikmati akses internet dengan kecepatan 30 Mbps dan bonus nelpon hingga 50 menit hanya dengan Rp200.000-an per bulan. Plus, biaya pemasangan yang super terjangkau. Masa promo ini juga masih panjang, yakni hingga 31 Desember 2022. Kendati masih ada waktu, saya sarankan gercep aja, deh pasangnya!

Paket Gamer

Main games makin seru dengan jaringan internet yang lebih stabil dari IndiHome Paket Gamer. Pilihan paket ini mulai dari harga 375 ribu hingga 965 ribu per bulan. IndiHome juga memberikan fasilitas lebih seperti mendapat exclusive items, high speed internet, free play game, free gifts, free gamepad, dan bebas akses ke GameQoo. Wah, saya rasa ini bakalan jadi surga banget untuk para gamer!

Paket Khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis

Paket IndiHome merupakan khusus untuk pelaku dunia pendidikan dan jurnalistik. Saat ini, internet cepat dan stabil sudah jadi kebutuhan pokok. Harga yang diberikan pada paket ini pun terjangkau banget, mulai dari 255 ribu per bulan kita sudah bisa memaksimalkan aktivitas online seperti WFH dan SFH.

Promo Bebas Tanpa Batas

Paket ini menurut saya terbilang ekonomis namun sudah bisa mengakses berbagai tayangan unggulan di channel TV favorit dan internetan ngebut dengan kecepatan up to 50 Mbps. Harga yang tersedia juga beragam sesuai kebutuhan dan budget kita. Mulai dari 255 ribu per bulan, 320 ribu per bulan, dan 360 ribu per bulan. Perbedaan ini ada pada kecepatan dan jumlah perangkat yang dapat terkoneksi.

Paket Karyawan, Pensiunan, & Outsource

Paket Outsource ini khusus untuk Telkom Group. Dapat saya katakan bahwa paket ini merupakan persembahan khusus untuk seluruh keluarga besar Telkom Group mulai dari karyawan, pensiunan, hingga outsource agar dapat menikmati layanan unggulan IndiHome dengan harga terjangkau. Kecepatan internetnya bisa bebas kita pilih. Mulai dari 30 Mbps hingga 300 Mbps.

Penutup

Sebetulnya pengalaman saya baru sedikit dalam dunia bisnis jasa. Namun, saya berusaha membagikan beberapa hal yang saya tahu berdasarkan best practice selama memiliki dan menjalani bisnis. Saya harap hal yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk sesama pemilik bisnis, khususnya dengan sesama pebisnis perempuan. Sekaligus saya ingin berterima kasih pada IndiHome yang telah membersamai langkah Momain sejak nol, saat ini, hingga insyaa Allah langgeng sampai beberapa tahun mendatang.

Bagaimana denganmu, apakah kamu memiliki pengalaman bisnis yang berkesan bersama IndiHome? Jika ada, saya ingin banget mendengar kisahmu. Boleh, dong, tulis di kolom komentar.

Referensi:

https://indihome.co.id/promo

Bisnis.com, https://market.bisnis.com/read/20220510/192/1531700/telkom-tlkm-raup-pendapatan-rp3520-triliun-pelanggan-indihome-tembus-87-juta#:~:text=Pelanggan%20IndiHome%20hingga%20akhir%20Maret,periode%20yang%20sama%20tahun%20lalu.

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/21/pendapatan-indihome-tumbuh-242-pada-semester-i-2021

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/30/indihome-mendominasi-pasar-internet-fixed-broadband-di-indonesia

Sumber grafis: canva

Sumber foto: dokumen pribadi, Instagram @momainbouncy, dan Instagram @tiffanysoetanto 

22 tanggapan pada “#InternetnyaIndonesia Bikin Bisnis Sewa Mainanku Memelesat Tanpa Batas”

  1. Dulu aku pernah kerja sama dengan orang luar negeri untuk nulis bouncy castle ini Mbak. Jadi, dia punya usaha penjualan itu. Trus aku mikir, apa ada ya di Indonesia yang punya usaha kayak gini. Eh lha kok beberapa waktu kemudian aku baru tahu kalau sampean punya usaha bouncy castle.

  2. Keren sekali bisnisnya, Mbak. Pasti nantinya akan terus berkembang. Apalagi zaman now, kita sangat terbantu dengan kehadiran media sosial untuk promosi. Jangkauan juga jadi luas. Tapi pastinya, kita harus didukung dengan internet yang kencang juga.

  3. Pingback: Internet Cepat IndiHome Membuat Saya Menguasai Berbagai Skill

  4. Internet jaman sekarang memang sangat dibutuhkan bahkan seperti candu baik anak2 maupun yang bekerja.

    Semuaa bisa di lakukan dengan internet mulai dari proses pembayaran juga sekarang melalui internet. Indihome dari Telkom sangat membantu terutama di daerah yang terpencil.

    Semoga kedepannya jangkauan internet semakin luas lagi ya bun.

  5. MasyaAllah keren mba Nabilla, makin moncer bisnis bouncy nyaaaaa yaaahh, alhamdulillah lagi2 kita bersyukur ada internetnya Indonesia hadir menemani seluruh aktivitas kita tak terkecuali. Ikut seneng ehh punya temen yang bisnisnya sukses meroket kek gini. Terimakasih sudah menginspirasi mba!

  6. Sebagai follower instagram-mu Mak, aku ikutan bahagia melihat kesuksesan bisnis bouncy castle-mu. Semoga semakin berkembang ya bisnisnya. Memang the power of internet itu gak bisa dipandang sebelah mata yah, ngaruh banget untuk promosi bisnis.

  7. Sukses untuk bisnisnya kak.
    Apalagi bouncy castle ini peluangnya juga oke ya di sini. Bisa jadi bisnis yang menarik kustomer juga.

  8. Internet memang bisa diandalkan untuk berbisnis di dunia online. Apalagi sekarang jaringan sudah kencang dan tersebar dimana mana, tentu akan sangat memudahkan pemasaran. Hampir semua orang sudah terhubung dengan internet tinggal memanfaatkan situasi dan berjuang

  9. Suka banget sama bouncy castle-nya kak Nabilla.
    Unik dan cantik kalau acara menggunakan konsep bouncy castle ini.
    Dengan bantuan internet, maka akan memperluas jaringan klien dan menjangkau lebih luas lagi.

  10. Saya pernah pake iklan di instagram ads. Pengaruh bgt sih itu. Dan hasil penjualan jadi banyak. Tpai memang perlu rajin posting instagram sih ya.. sukses terus mba usahanya..

  11. Whaa mba Nabila kamu keren banget. Aku baru tahu kalau dirimu ownernya Momain mbaak, bouncy castle-nya cakep banget. Hebat deh binsis pertama di Indonesia, semoga makin sukses dan laris manis tanjung kimpul yaaa bisnisnya

  12. Wah keren mbak idenya, bisa gitu kepikiran bisnis ini 🙂 makin lancar pg berkat internet memang ya secara pangaung berpengaruh besar dalam pemasaran 🙂

  13. Wah makasih banyak mba, sudah share perjalanan bisnisnya juga tips trik buat dapat customer. Manfaat banget buat saya nih. Saya juga butuh internet melimpah deh buat bikin konten bisnis saya.

    Semoga bisnis kita semua makin sukses dan meningkat ya mbak. Aamiin.

  14. Pingback: Blog Zaman Sekarang Masih Cuan, Bagaimana di Masa Depan?

  15. Pingback: Wifi Rumah untuk Rekomendasi Tayangan Ramadan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *