Lompat ke konten
fortune indonesia summit 2022

Dua pekan yang lalu, saya mendapat calon pelanggan warga negara asing untuk menyewa white bouncy castle yang saya miliki. Rencananya, mereka akan menggelar acara wedding di Bali. Senang sekali rasanya kembali mendapat pesanan dari luar Surabaya, seperti ada harapan untuk bangkit dan mewujudkan impian. Bisnis saya yang termasuk dalam industri MICE, turut terdampak pandemi. Akan tetapi, saya kian optimis pasca mendengar speech dari Menteri Parekraf, Sandiaga Uno saat membuka acara FORTUNE Indonesia Summit 2022. Bahwa acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 dapat menjadi jembatan untuk menegakkan kembali kejayaan industri pariwisata dan MICE di Indonesia. Bagi saya, event FORTUNE Indonesia Summit 2022 dapat membantu kita, para pelaku bisnis, untuk meneropong masa depan bangsa.

Bagi kamu yang belum kenal, FORTUNE Indonesia Summit 2022 adalah sebuah acara yang melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia. Adalah FORTUNE Indonesia yang menjadi penyelenggara FORTUNE Indonesia Summit 2022 untuk pertama kali. Acara ini digelar selama dua hari yakni pada tanggal 18-19 Mei 2022 pukul 09.00 – 18.00 WIB di The Westin Jakarta. 

Terdapat tiga tema besar yang menjadi sorotan pada FORTUNE Indonesia Summit 2022 kali ini. Ketiga tema tersebut adalah impact, sustainability, dan growth. Tema yang diangkat sangat tepat dan mencerminkan kebutuhan perekonomian dunia masa depan. Jelas bahwa event ini mampu memberikan insight atau wawasan penting nan segar bagi ekosistem bisnis di Indonesia. Dari tema di atas, topik turunannnya pun beragam dan tak kalah menarik. Mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability. FORTUNE Indonesia mengemas acara ini dengan sangat menarik, yakni melalui talkshow interaktif dan awarding session.

Saya dan white bouncy castle di sebuah hotel bintang 5 di Surabaya.

Sebagai pelaku bisnis kecil, saya menyambut FORTUNE Indonesia Summit 2022 dengan gembira. Ada dua hal utama yang membuat saya excited dengan event bisnis terbesar tahun ini. Pertama, tahun ini kita semua optimis pandemi bisa lebih terkendali. Ini tentu membawa harapan baru bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia baik pada aspek makro maupun mikro. 

Kedua, FORTUNE Indonesia menjunjung tema sustainability sebagai salah satu tema besar yang dibahas dalam talkshow. Saya sebagai anggota #EcoBloggerSquad mengapresiasi pilihan ini sebab kita perlu lebih banyak pengusaha yang lebih sadar akan perubahan iklim serta memiliki komitmen tinggi untuk menyelamatkan lingkungan. Pandemi ini sebaiknya membuat kita sadar bahwa tidak ada bisnis tanpa manusia dan alam yang sehat. Untuk itu, satu-satunya jalan adalah terus berbenah dan fokus pada membangun bisnis yang dapat tumbuh serta memberi dampak positif.

Melalui tulisan ini, saya akan mengulas sejumlah highlight dari FORTUNE Indonesia Summit 2022 untuk pelaku UKM. Pastikan kamu membaca tulisan ini sampai selesai, ya.

Situasi Bisnis Indonesia

Saat Ini

Masih lekat di ingatan saya tentang kondisi ketika awal pandemi. Pemandangan tutupnya sejumlah restoran langganan, melonjaknya harga APD dan kebutuhan kesehatan lainnya, kunjungan pariwisata yang sepi, hingga ada sebagian bisnis yang terpaksa gulung tikar. Rasanya saat itu begitu memilukan. Bisnis yang saya kelola pun terdampak pandemi, karena bisnis saya sangat bergantung pada pertemuan luring dan tidak mungkin untuk di-online-kan. Kebetulan lain, saya baru memulai bisnis pada akhir tahun 2019. Baru beberapa bulan berjalan, sudah syok karena corona.

Industri lain yang terdampak pandemi sejak awal 2020 ada pada sektor pariwisata seperti perjalanan, perhotelan, dan wisata lokal, industri properti seperti perumahan dan apartment, sektor pendidikan, hingga transportasi dan logistik. Syukurlah pada tahun 2022 ini kita sudah bisa menyaksikan perekonomian Indonesia dengan cara yang berbeda. Sudah sepatutnya kita berterima kasih pada upaya pemerintah dan seluruh pihak yang bahu membahu dalam distribusi vaksin serta konsistensi dalam penerapan 5M.

Upaya gotong royong ini membuahkan hasil yang manis. Terbukti, Indonesia menjadi negara tercepat di Asia Tenggara yang berhasil memulihkan bisnis yang terdampak covid-19. Riset ini dilakukan oleh perusahaan data bernama ADA yang bertajuk Southeast Asia Recovery Index.

fortune indonesia
10 Negara dengan Tingkat Kepercayaan terhadap Bisnis Tertinggi Tahun 2022 (Sumber: Katadata)

Hasil riset menunjukkan bahwa pemulihan bisnis di tanah air telah mencapai 91% pada awal Oktober 2021. Pemulihan sektor bisnis di Indonesia ini turut didorong oleh percepatan program vaksinasi covid-19 yang membawa efek positif pada pelonggaran mobilitas mayarakat saat PPKM. 

Pada sisi lain, Indonesia menempati posisi ke-2 dalam daftar 10 negara dengan tingkat kepercayaan terhadap bisnis pada tahun 2022. Riset dari Edelman Trust Barometer ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap bisnis. Survei ini mencakup 28 negara dengan lebih dari 36.000 responden. Edelman menggunakan metode melalui wawancara secara online mulai tanggal 1 sampai 24 November 2021.

Bicara tentang kondisi perekonomian tidak dapat kita pisahkan pada sejumlah tantangan masa depan. Menurut riset dari Allianz, tahun 2022 ini menghadirkan setidaknya 10 risiko bisnis terbesar secara global. Risiko tersebut antar lain berupa insiden siber, gangguan bisnis, bencana alam, pandemi, perubahan regulasi, perubahan iklim, kebakaran/ledakan, perkembangan pasar, isu kepegawaian, serta perkembangan makroekonomi. 

Peluang dan tantangan pada bisnis bagai dua sisi mata uang. Tidak bisa kita hindari, namun tetap bisa kita kelola dan antisipasi. Untuk itulah kita perlu selalu update pada situasi bisnis terkini. Ada banyak cara, bisa melalui mengonsumsi berita bisnis yang bernas pada Majalah FORTUNE Indonesia dan mengikuti acara bisnis nasional seperti FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Optimis! Perekonomian Indonesia Mampu Tumbuh
dan Berbuah Manis

Beberapa data di atas saya rasa cukup untuk menunjukkan pada kita mengenai situasi perekonomian Indonesia pasca pandemi. Kini, yang perlu kita lakukan adalah merawat semangat dan optimisme untuk menumbuhkan prekonomian nasional. Sebagai pebisnis UKM, mungkin beberapa kali kita merasa clueless atau kebingungan membaca tren bisnis yang berkembang di Indonesia. Apalagi era digital saat ini memungkinkan perubahan yang sangat dinamis dalam waktu sekejap. Tidak hanya perilaku konsumen, tetapi juga metode marketing online untuk penjualan barang dan jasa.

Salah satu yang bisa kita lakukan untuk mengintip masa depan bisnis Indonesia adalah melalui acara FORTUNE Indonesia Summit 2022. Event ini sangat pas diselenggarakan pada pertengahan tahun 2022. Pertama, bertepatan dengan berlakunya kembali momentum mudik yang menjadi semangat baru pasca pandemi. Menurut saya, mudik bukan sekadar tradisi tetapi turut menggerakkan perekonomian lokal. Kedua, kebetulan timing event ini sangat pas pasca Presiden Jokowi memberlakukan pelonggaran penggunaan masker yang menjadi pertanda terkendalinya kasus covid-19 di Indonesia. Dan yang ketiga, menjadi event warming up menjelang G20 Indonesia pada bulan November 2022 nanti.

Tak hanya talkshow, Fortune Indonesia Summit 2022 juga menyelenggarakan awarding session bagi sejumlah tokoh berpengaruh yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 under 40. Berikut sejumlah tokoh yang termasuk dalam Businessperson of the Year dan 40 under 40:

Business Person

of The Year

40

Under

40

Memetik Kunci Kesuksesan Bisnis Melalui

FORTUNE Indonesia Summit 2022

FORTUNE Indonesia Summit 2022 berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 18 dan 19 Mei 2022 di The Westin Jakarta. Cara menghadiri event dan mendapatkan tiket FORTUNE Indonesia Summit 2022 pun sangat mudah, hanya dengan berlangganan majalah FORTUNE Indonesia selama setahun melalui Official Store Fortune Indonesia di Tokopedia. Kita pun bisa mengikuti keseruan dan acara yang insightful melalui Instagram FORTUNE Indonesia atau dengan menghubungi email hello@fortuneidn.com.

Melalui website FORTUNE Indonesia, kita dapat melihat rundown secara keseluruhan. Winston Utomo selaku founder dan CEO IDN Media membuka acara yang kemudian diikuti oleh berbagai topik menarik mulai dari ekonomi kreatif hingga NFT. Pada hari kedua, talkshow juga membicarakan tentang pentingnya peranan perempuan pada workplace, inovasi pada bisnis, metaverse, dan awarding Businessperson of the Year serta 40 under 40

Saya merangkum sejumlah insight penting yang perlu kita petik dari acara FORTUNE Indonesia Summit 2022. Harapan saya, wawasan bisnis di bawah ini dapat mengasah insting bisnis dan semangat untuk menggarap bisnis agar lebih lancar dan sukses.

fortune indonesia

Era Kebangkitan Ekonomi Kreatif

Sesi yang relatable dengan bisnis yang saya miliki bertajuk “Indonesia: Epicenter of Commodity and Tourism”. Topik ini diisi oleh Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan RI), George Hendrata (CEO Tiket.com), dan Sandiaga S. Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI).

Pada kesempatan inilah Pak Mentri Parekraf menuturkan bahwa ekonomi kreatif akan menjadi tulang punggung perekonomian nasional pasca pandemi covid-19. Saya sebagai content creator sekaligus pemilik bisnis persewaan white bouncy castle bersemangat mendengar kalimat ini. Pasalnya, ini dapat menjadi pemantik untuk pertumbuhan ekosistem kreatif di Indonesia yang lebih konsisten dan sehat bagi pelaku maupun konsumen.

Menurut Sandiaga S. Uno, optimisme ini muncul karena sektor ekonomi kreatif terbukti yang paling bertahan sejak pandemi covid-19 menyerang dunia. Berdasarkan data dari bidang kajian strategis Kemenparekraf, ekonomi kreatif menyumbang sebesar Rp 1.273 triliun terhadap PDB Indonesia selama tahun 2021. 

FORTUNE Indonesia Summit 2022 juga memegang peranan yang esensial pada pertumbuhan industri ekonomi kreatif. Menurut Pak Mentri, acara ini mampu menularkan gairah penyelenggaraan event lokal dan menstimulasi kebangkitan kembali industri MICE di tanah air. 

fortune indonesia

Peran Perempuan Kian Terbuka Lebar

Dari tahun ke tahun, dorongan untuk menghadirkan pemimpin perempuan dan ruang kerja yang ramah perempuan terus meningkat. Sejumlah perusahaan pun sudah memberikan peluang yang lebih besar akan posisi perempuan dalam jajaran direksi perusahaan. Selain itu, sudah banyak pula saya temui kebijakan yang pro pekerja perempuan seperti dengan memberlakukan cuti hamil dan melahirkan yang manusiawi, memberikan paternal leave bagi ayah, hingga memberikan fasilitas daycare di kantor.

Dukungan ini memungkinkan perempuan untuk meminimalisir hambatan dalam bekerja dan berkarya. Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo yang mengajak perempuan Indonesia untuk siap berinovasi dan beradaptasi dalam berkarier di dunia profesional. Beliau juga mengisyaratkan bahwa penting bagi perusahaan untuk mengupayakan keberpihakan kepada peran perempuan melalui fasilitas maupun kuantitas perempuan dalam perusahaan.

“Perlu ada kesadaran akan kesetaraan hak bagi perempuan dan perlu keberpihakan terhadap perempuan, baik melalui fasilitas atau kuantitas perempuan dalam organisasi tertentu,”
terang Angela.

Tak hanya Wamenparekraf, FORTUNE Indonesia Summit 2022 pun menghadirkan Parwati Surjaudaja selaku Presiden Direktur PT OCBC NISP Tbk. Beliau mengungkapkan bahwa keterlibatan perempuan dalam dunia kerja terbukti dapat berpotensi meningkatkan ekonomi global sebanyak US$ 2.5-5 triliun. Keterlibatan dan kesetaraan peran perempuan dalam ekonomi global juga mampu meningkatkan pertumbuhan PDB global sebesar US$ 28 triliun.

OCBC NISP menjadi contoh perusahaan perbankan dengan komposisi karyawan perempuan yang cukup dominan. Tercatat per Maret 2022 dari total lebih dari 5000 karyawan, keterlibatan perempuan mencakup 25% Board of Commissioner, 44% Board of Directors, dan 55% secara keseluruhan.

fortune indonesia

Komitmen Tinggi Terhadap Alam

Suka tidak suka, kita harus mengakui bahwa manusia memiliki andil yang besar dalam perubahan iklim. Peran buruk kita ini tercermin dalam kebiasaan dan gaya hidup, perilaku konsumsi, limbah korporasi, serta kebijakan negara secara global. Pada titik inilah perusahaan perlu unjuk gigi dan membuktikan komitmen yang tinggi terhadap iklim. Atensi pada lingkungan menjadi sangat urgent untuk diambil apabila tidak ingin kehilangan pelanggan.

Praktik di lapangan membuktikan bahwa konsumen saat ini sudah mulai mempertimbangkan aspek lingkungan dalam mengonsumsi produk maupun jasa. Hal ini tergambar dalam hasil survei Katadata Insight Center (KIC) bertajuk Katadata Consumer Survey on Sustainability tahun 2021. Berdasarkan survei tersebut, terdapat 20.3% konsumen yang mempertimbangkan dampak lingkungan dan kesehatan dalam pembelian produk. Persentase ini berada di urutan ke-5 dari berbagai faktor lainnya.

FORTUNE Indonesia Summit 2022 juga meletakkan sustainability sebagai salah satu tema besar acara. Tema ini kemudian hadir dalam topik bertajuk “When Profit Meets The Planet”. Pada sesi ini, hadir Presiden Direktur Nestle Indonesia, Ganesan Ampalavanar yang menjadi salah satu perusahaan terkemuka yang produknya banyak kita temui di Indoensia. Menurut Ganesan, kemasan produk Nestle saat ini sudah 86% reusable dan recyclable. Target perusahaan adalah pada tahun 2025, seluruh kemasan produk sudah reusable dan recyclable total. Nestle pun mendukung program pemerintah berupa target nol emisi. Nestle memiliki timeline tersendiri dengan mengurangi eisi 20% pada 2025 dan mengurangi emisi 50% pada 2030, dan bisa mencapai zero emition pada 2050. 

Untuk mencapai target yang sangat besar dan menantang ini, Nestle mengatur komitmen tinggi. Salah satunya dengan mengalokasikan dua persen pendapatan secara global untuk riset dan pengembangan. Selain itu, komitmen terwujud dengan dukungan terhadap ilmuwan di Nestle Institut agar dapat fokus pada riset kemasan yang lebih reliable dan reusable

fortune indonesia

Inovasi, Adaptasi, dan Kolaborasi

Ketika melihat daftar penerima award Businessperson of the year dan 40 Under 40 dari FORTUNE Indonesia, saya semakin tak sabar mengulik materi dari para pembicara. Ada Raffi Ahmad yang sudah sangat berpengalaman dalam industri kreatif dan akan memiliki pengaruh dalam masa depan di Indonesia. Cuplikan video sesi Raffi Ahmad ini dapat kita simak melalui Instagram FORTUNE Indonesia.

Saya nyaris terbahak ketika mendengar Raffi Ahmad berkata, “Saya sampaikan sama istri saya, sayang, kita jangan bertengkar ya. Soalnya repot, harta gono-gini kita, tuh, followers!”

Raffi Ahmad berucap demikian karena akun Instagram beliau dan Nagita Slavina digabung menjadi satu. Ini menunjukkan bahwa saat ini media sosial sudah bisa menjadi aset digital yang harus kita lindungi. Saya pun sebagai blogger dan nano influencer menyadari hal ini dan berusaha merawat media sosial saya sebaik mungkin. 

Masih terkait media, Winston Utomo selaku Founder & CEO IDN Media menyampaikan bahwa kebutuhan akan konten tidak akan pernah berubah. Kuncinya adalah pelaku media yang harus terus beradaptasi dengan berbagai perubahan format. Wejangan ini saya pegang erat, sebab, saya pun termasuk orang yang menjemput rezeki melalui media digital. Terus mengikuti perkembangan dan turut berinovasi adalah dua hal yang tidak boleh kita lewatkan sebagai orang yang menggeluti bisnis media.

fortune indonesia

Bisnis yang Fokus Pada Solusi
dan Berdampak Positif

Ada banyak cara untuk memulai bisnis, bisa berangkat dari hal yang kita sukai atau fokus pada masalah yang orang lain hadapi. Petuah bisnis yang saya tangkap dari pembukaan acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 adalah fokuslah pada masalah yang dihadapi oleh konsumen kita. 

Ketika kita fokus pada kebutuhan dan karakter konsumen, hal-hal yang kita kejar dalam bisnis seperti pertumbuhan, pendapatan, hingga keuntungan, akan mengikuti. Winston juga mengatakan bahwa bisnis juga harus memiliki dampak dan memegang prinsip berkelanjutan

Petuah ini tentu bisa menjadi masukan bagi kita yang akan memulai bisnis. Sementara untuk kita yang sudah memiliki bisnis, sudah saatnya kita mengatur ulang strategi untuk mengemas produk atau jasa serta strategi pemasaran agar lebih solutif bagi manusia serta bagi lingkungan di sekitar kita.

Stay Up to Date

Untuk Masa Depan Bisnis Kita

Saya menilai kehadiran FORTUNE Indonesia serta event FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini mampu membawa #PositiveImpact bagi Milenial dan Gen Z. Data telah menunjukkan bahwa saat ini generasi muda yang terdiri dari Generasi Milenial dan Generasi Z lebih melek literasi finansial. Anak muda juga lebih kreatif, inovatif, serta memiliki keberanian yang patut diapresiasi dalam memulai bisnis.

Hasil survei World Economic Forum membuktikan dengan sangat akurat. Tercatat sebanyak 35.5% pemuda usia 15-35 tahun di Indonesia ingin menjadi pengusaha di masa depan. Selain itu, pemuda di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, juga tertarik bekerja di perusahaan multinasional, pemerintahan, perusahaan lokal berskala besar, start-up, dan organisasi nirlaba. 

Dari segi investasi, KSEI mencatat bahwa terdapat 60.1% investor muda berusia di bawah 30 tahun yang mendominasi pasar modal Indonesia pada bulan Maret 2022. Total investor muda Indonesia per Maret 2022 sebanyak 8.39 juta orang. Ini berarti kira-kira 6 dari 10 investor pasar modal Indonesia merupakan anak muda. Kendati total aset kelompok investor muda masih terbilang kecil apabila dibandingkan dengan investor lansia, semangat ini perlu kita jaga dan perbesar.

Data lain dari Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan bahwa sebanyak 72.5% responden anak muda mengaku bahwa tujuan investasi yang mereka lakukan untuk mempersiapkan masa depan. Persiapan ini seperti dana untuk pendidikan, menikah, berumah tangga, dan lain sebagainya. Tujuan investasi lainnya yakni untuk mengelola dana diam, sebagai dana pensiun, mencari keuntungan jangka pendek, dan melakukan pensiun dini.

The Next Generation Leads the Way

0 %
Pemuda ingin jadi pengusaha
+ 0 %
Investor muda di Indonesia
0 juta
Total investor muda Indonesia
0 %
Berinvestasi untuk masa depan

Bagaimana, sudah mulai “panas” setelah membaca data dan rangkuman di atas? Tandanya kamu siap untuk melakukan akselerasi untuk bisnis kamu! Sebagai pebisnis, sudah waktunya kita senantiasa up to date alias selalu mengikuti perkembangan bisnis. Perlu kita ingat bahwa dinamika bisnis sangat berkaitan pula dengan aspek lain seperti politik, kondisi dunia, perubahan perilaku konsumen, teknologi, hingga gaya hidup.

Untuk itu, sebaiknya kita berkumpul dengan sesama pelaku bisnis agar kita terbiasa dengan berbagai obrolan yang terjadi dalam dunia bisnis. Kebetulan, FORTUNE Indonesia membuka peluang untuk bergabung ke grup Telegram FORTUNE Indonesia. Berlangganan Majalah FORTUNE Indonesia juga bisa menjadi solusi, mengingat Majalah FORTUNE merupakan media bisnis global terkemuka dan sudah pasti memiliki kredibilitas tinggi dalam memberikan berbagai berita serta wawasan tentang bisnis.

Penutup

Melihat cuplikan-cuplikan FORTUNE Indonesia Summit 2022 di Instagram FORTUNE Indonesia membuat saya percaya akan masa depan bisnis dan ekonomi Indonesia yang cerah. Mulai dari keterlibatan anak muda yang cukup tinggi hingga berbagai bisnis di Indonesia yang sudah mulai fokus pada #PositiveImpact dan memikirkan dampak lingkungan. Tidak berlebihan rasanya jika saya katakan kita bisa meneropong masa depan bangsa melalui FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Apakah kamu juga mengikuti event ini? Bagaimana pendapatmu tentang acara bisnis paling bergengsi di Indonesia ini? Sampaikan pendapatmu melalui kolom komentar, yuk!

Referensi:

FORTUNE Indonesia, ttps://www.fortuneidn.com/news/friana/buka-fortune-summit-2022-ceo-idn-media-bisnis-harus-punya-dampak

FORTUNE Indonesia, https://www.fortuneidn.com/business/bayu/upaya-gigih-nestle-indonesia-menyelamatkan-lingkungan

IDN Times, https://www.idntimes.com/business/economy/ridwan-aji-pitoko-1/sandiaga-uno-ekraf-bakal-jadi-tulang-punggung-perekonomian-nasional/3

IDN Times, https://www.idntimes.com/business/economy/amelia-rosary/idn-media-hadirkan-majalah-bisnis-global-ke-indonesia-buat-apa/3

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/10/06/riset-pemulihan-bisnis-terdampak-covid-19-indonesia-tercepat-di-asia-tenggara

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/21/bagaimana-tingkat-kepercayaan-masyarakat-terhadap-bisnis-di-indonesia

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/21/apa-risiko-bisnis-terbesar-global-pada-2022

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/04/13/sektor-bisnis-startup-yang-terkena-dampak-corona

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/24/kic-dampak-lingkungan-mulai-jadi-faktor-konsumen-membeli-produk-baru

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/11/21/355-pemuda-indonesia-ingin-jadi-pengusaha

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/18/6-dari-10-investor-saham-indonesia-adalah-anak-muda

Katadata, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/16/survei-kic-mayoritas-milenial-dan-gen-z-berinvestasi-demi-masa-depan

Sumber grafis dan foto:

Foto pribadi

Instagram FORTUNE Indonesia

YouTube FORTUNE Indonesia

Freepik (artist: gstudioimagen)

 

44 tanggapan pada “Meneropong Masa Depan Bangsa Melalui Fortune Indonesia Summit 2022”

  1. Wah event ini emang bergengsi banget, beda dari yang lain. Apalagi bisa menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif yang sukses dibidangnya. Melihat mereka disana tuh seperti melihat diri sendiri dimasa depan hha, amin. Nah kalau diriku biasa baca artikelnya di websitenya sih, pemilihan katanya enak banget dan informatif. Jadi bisa tau perkembangan ekonomi di Indonesia itu seperti apa, dan update-an terbaru tentang info lainnya yang berkaitan dengan ekonomi.

  2. Wah data yang disampaikan, terutama tentang perkembangan kondisi perekonomian dan bisnis di Indonesia pasca pandemi ini, tampak sangat cerah dan menjanjikan.
    Jadi ketularan makin optimis menghadapi masa depan nih, saya…

  3. Aku sebagai anak muda pun sungguh optimis kalau pariwisata Indonesia atau sektor bisnis lainnya bisa bangkit lagi! Omong-omong, aku suka banget 3 topik penting yang dibawakan, yakni impact, sustainability, dan growth. Bener-bener jadi sinergi yang kuat banget, ya.

  4. Ini acaranya keren banget sih emang Mba. Pembicaranya itu loh, wuow semua. Jadi inget dulu, sempet baca-baca Majalah Fortune itu di perpus kampus, bener-bener insightful. Sekarang lebih mudah lagi, bisa diakses lewat jari. Optimis banget acara ini bakal kasih impact yang baik.

  5. Alhamdulillah kondisi ekonomi membaik. Dukungan pemerintah sangat besar. Semua negara tertekan tapi kita bisa bertahan. Tapi perjuangan ke arah recovery belum usai. Alhamdulillah sekarang banyak event yg mendukung umkm.

  6. Bagus banget event bergengsi kayak gini, banyak manfaatnya, khususnya terhadap kemajuan dunia bisnis di Indonesia.
    Apalagi dengan banyaknya keterlibatan generasi muda yang menginspirasi banget ya

  7. Acaranya Fortune Indonesia Summit memang bagus dan inspiring ya, banyak sosok-sosok keren yang bisa jadi inspirasi kita untuk lebih semangat mengejar goals dalam hidup ini, majalah Fortune memang sejak dulu kala paling oke deh bahas soal perekonomian negeri kita tercinta ya

  8. Omong2 tentang investor muda nih, rasanya beneran pengen bilang wow. Belakangan aku sering baca komen-komen di akun-akun investasi saham. Ya ampuuun…muda-muda banget (kalau dilihat dari usiaku saat ini). Begini rasanya kalah langkah dari anak muda. Hehehe…. Salut dan support untuk anak muda yang berani maju secara positif.

    Fortune Indonesia Summit ini keren. Semoga rutin ada nih, biar anak-anak muda makin bersemangat.

  9. Alhamdulillah ya mba pandemi yg mulai terkendali ini membuat bisnis mulai bangkit lagi. Adanya Fortune summit ini juga bs jadi motivasi bagi pelaku bisnis bahwa masa depan bisnis bakalan oke kedepannya.

    mudah2an bisnis mba nabila juga makin lancar dan sukses ya mbaa.. semangatsss!!

  10. Alhamdulillah ekonomi Indonesia di tahun 2021 malah sudah mulai membaik. Optimis juga ekonomi Indonesia akan segera pulih dan berbuah manis. Terlebih lagi banyak investor muda yg turut beraksi di ranah investasi. Btw acara Fortune nya kurang lamaaaa. Minimal seminggu gitu yaaaa. Acaranya sebagus itu soalnyaaa

  11. Majalah Fortune memang bagus bgt dari dulu. Bener2 fokus bahas ttg Bisnis ya. Acara ini keren bgt lho. Bunda traveler beruntung bgt bisa hadir di acara ini.

  12. Alhamdulillah, pandemi sudah berlalu dan kondisi mulai membaik, termasuk perekonomian dan pariwisata. Acara Fortune Indonesia Summit 2022 semacam energi tambahan sekaligus penyemangat untuk pelaku usaha untuk terus bangkit sekaligus contoh untuk anak2 muda ya.

  13. Melihat geliat dan semangat pebisnis muda saat ini memang salut…apalagi ada gelaran Fortune Indonesia Summit 2022 yang sangat inspiratif. Yakin deh bisnis yang terdampak pandemi bakal bangkit kembali…dan perekonomian pun bakal perlahan membaik bahkan bisa lebih baik dari sebelum pandemi.

  14. Saluuut, acara ini tuh mencerahkan dan membangkitkan semangat para pengusaha ya kalau kita semua bisa bangkit kagi melanjutkan usaha yang sempat berhenti karena pandemi, semoga kedepannya kita benar-benar sudah bebas dari pandemi

  15. Kadang yang namanya pengusaha, ada banget titik terendah dan merasa ingin menyudahi. Namun kalau melihat sepak terjang pengusaha yang gigih dan inspiratif seperti tokoh Businessperson of the Year dan 40 under 40 dari gelaran acara FORTUNE Indonesia Summit 2022, jadi merasa harus lebih kuat, gigih dan pantang menyerah.

    Bismillah,
    Bersama untuk bisa maju terus berinovasi di industri kreatif dan berkolaborasi.

  16. Wah ini acaranya keren nih, banyak narasumber inspiratif nih, gak rugi deh nyimak ini siapa tau bisa kecipratan sukses kaya mereka yaa mba

  17. Acaranya bagus banget mbak, senang ya bisa menjadi bagian dari acara ini ?
    Meningkatkan perekonomian pasca pandemi ini sangat dibutuhkan ya mbak. Setelah melihat data ternyata memang sudah mulai naik ya ?
    Semoga Indonesia bisa cepat pulih dari masalah perekonomian. Amin ?

  18. Saat ini kalau mau bisnisnya sukses ya kudu berinovasi, beradaptasi dan juga berkolaborasi dengan yang lain. Pasti senang bisa ikut FORTUNE Indonesia Summit 2022 ya, Mbak. Dapat banyak ilmu dari Pebisnis sukses

  19. Alhamdulillah ya kondisi ekonomi semakin menunjukkan arah yang positif. Semoga hal ini bisa menjadi titik point para umkm untuk semakin berkembang di dunia bisnis dan mewarnai perekonomian Indonesia menjadi lebih baik. Jadi ikutan semangat nih mbak. Bravo!

  20. Menurut saya, kegiatan FORTUNE Indonesia Summit ini wajib jadi agenda tahunan sih. Penasaran gimana di tahun berikutnya, bakal ada kegiatan apa lagi, dan siapa saja tokoh-tokoh yang hadir. FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini tuh benar-benar menginspirasi, favorit saya tuh pas gelar 40 under 40nya.. wihh, jadi salut sama cerita hidup tiap awardeenya.

  21. Luar biasa ya para pemilik usaha kreatif, sanggup bertahan menghadapi badai krisis selama pandemi. Terus bangkit dan menjadi penyumbang pendapatan negara yang cukup signifikan. Profil para pengusaha muda di atas sangat menginspirasi. Semoga makin berkembang bisnis kita masing-masing dengan penguasaan teknik digital dan kemampuan marketing sesuai bidang yang digeluti.

  22. Perempuan banyak andil juga ya kak, karena daftar nama orang sukses pun ada kaum hawa nya. Jadinya menginspirasi untuk selalu berkarya dan konsisten

  23. Duh, aku terlewat menonton event keren dari IDN Media ini. Padahal sudah seringkali diingatkan melalui timeline media sosial, masih saja kelupaan. Apalagi narasumber yang dihadirkan sangat kece dan inspiratif.

  24. Meski event FORTUNE Indonesia Summit 2022 sudah berlalu, tapi semoga semangatnya bisa terus ada dan menginspirasi banyak pengusaha muda untuk bisa sukses di usia under 40. Bagus sekali, dengan berlangganan selama 1 tahun, maka mendapatkan banyak keistimewaan.

  25. Bagus nih acara Fortune Indonesia Summit. Menginspirasi sekaligus memotivasi untuk sukses seperti orang-orang keren itu juga. Semoga rutin ada di tahun-tahun depan.

  26. Alhamdulillah. selamat ya sekarang usaha persewaan nya mulai bergeliat lagi.
    Semoga event FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini betul betul dapat membantu semua para pelaku bisnis, untuk meneropong masa depan bangsa juga ya

  27. Kalau ingat awal pandemi emang perekonomian terasa carut marut. Ada yang bertahan meski dengan berdarah-darah. Namun nggak sedikit yang harus tergilas oleh situasi dan kondisi.

    Event Fortune Indonesia ini jadi semacam semangat banget ya bagi para pebisnis, khususnya pebisnis pemula.

    Bismillah. Pandemi usai. Ekonomi kembali pulih.

  28. Wah keren mbak Nab, semoga bisnis nya lancar ya
    Benar banget mbak, acara FORTUNE Indonesia Summit ini bisa jadi sumber inspirasi yang bagus buat pelaku bisnis

  29. saya bersyukur pandemi akhirnya usai, meski terasa kok sepi ya gak ada kabar kabar pandemi tlah usai, hehe. saya bersyukur akhirnya roda ekonomi kembali bangkit secara perlahan. apalagi fortune indonesia bikin awards yang bisa bangkitin semangat pelaku usaha makin naik dan bangkit.

  30. Semoga perekonomian Indonesia semakin membaik ya Mbak,, apalagi menurut data di artikel ini tingkat kepercayaan terhadap bisnis, kita berada di urutan nomor 2 setelah Tiongkok ya

  31. Pingback: Asuransi Kesehatan Online Cashless Sejak Dini,Bukti Cintaku Pada Diri

  32. Pingback: Software Akuntansi Online Kledo, Menemaniku Jadi #PejuangCuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *