Jujur saja, dulu sekitar tahun 2007-an, saya susah sekali memahami kenapa teman-teman lelaki saya doyan menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer untuk bermain game tembak-tembakan atau balapan. Begitu smartphone android mulai banyak digunakan, aktivitas ngegame pun tidak melulu di depan komputer, melainkan mulai beralih ke genggaman. 

Saya pun penasaran, ikut menjajal satu dua game yang menurut saya lucu, menantang, dan bisa berkompetisi dengan teman. Game yang saya mainkan pada zaman kuliah adalah Pokopang dan Plant vs Zombies 1 dan 2. Ada, sih, aneka game lainnya, tapi saya sudah lupa namanya. 

Meski receh, bagi saya kedua game tersebut sangat seru dan berkesan. Saat main Pokopang, saya bahkan sempat menjuarai kompetisi diantara teman-teman! Hehehe. Namun, dengan cepat saya turun peringkat karena hape saya lemot. Begitu pula saat main Plants vs Zombies 2, saya sering kebobolan zombie gegara hape saya nge-lag. Kesel rasanya, karena hape saya nggak cukup kuat untuk ngegame. Pada saat itulah saya menyadari bahwa kalau doyan ngegame mobile, kelayakan perangkat berupa smartphone sangat penting dan berpengaruh.

Saya rasa, Mobile Gamers Enthusiast sekarang sepatutnya bersyukur karena sekarang ada smartphone yang bisa menjadi senjata andalan yang dapat menjadikanmu pemenang, yakni ASUS ROG Phone 3. Smartphone yang baru keluar pada bulan september 2020 lalu ini bisa menjadi andalan baru para gamers.

Saya bukan seorang gamers, tetapi, saya turut mengidam-idamkan smartphone canggih ini. Pasalnya, apa sih yang tidak bisa dilakukan oleh hape gaming?

Saya akan mengupas sekilas tentang “jeroan” smartphone canggih ini serta keunikannya. Menurut saya, smartphone ini dapat menjadi andalan para pemenang. Eits, saya tidak hanya membicarakan para gamers saja. Konten kreator, pebisnis online, dan siapapun yang ingin memenangkan pekerjaan, butuh smartphone ini. Saya sarankan para non-gamers pun turut menyimak. Sebab, ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan ASUS ROG Phone 3 selain untuk gaming. Baca sampai tuntas, ya.

Apa sih bagusnya prosesor terbaru yang dirilis oleh Qualcomm Technologies Inc ini?

Fyi, powerful Qualcomm Snapdragon 865 Plus ini merupakan chipset mobile premium Qualcomm yang pada tahun ini banyak mewarnai perangkat mobile kelas atas.Selain menjadi platform seluler yang tercepat di dunia, ada 3 keunggulan utama yakni untuk gaming, kamera, dan Artificial Intelligent (AI). Untuk gaming, Qualcomm Snapdragon 865 mendukung permainan dengan hasil yang lebih realistis. Ini berkat adanya dukungan GPU Andreno 650 di dalamnya. Tidak berlebihan jika saya katakan dengan smartphone ini, pengalaman nge-game pun akan lebih berkesan dan berbeda! 

“Qualcomm itu Adreno 650 yang paling tinggi, secara overall meingkat 25 persen. Namun, rendah daya konsumsi sebesar 35 persen,”
Dominikus Susanto
Business Development Qualcomm.

Acapkali dalam sebuah permainan, pemenang adalah dia yang unggul dalam kecepatan serta cekatan. Barangkali otak dan tangan kita sudah terampil, namun, jika smartphone-nya loyo, ya bisa jadi kita bisa melewatkan berbagai peluang emas. Seakan memahami kebutuhan para gamers akan performa yang paripurna, smartphone anyar ini memiliki RAM LPDDR5 terbaru yang menjanjikan performa serta efisiensi daya untuk smartphone. Intinya, smartphone nggak bakal mudah nge-lag. Tidak hanya persoalan efisiensi data, transfer data pun menjadi lebih cepat, klaimnya bisa sekitar 6,5 Gbit per pin. Dengan begini, ASUS ROG Phone 3 ini bisa menjadi pahlawanmu. Kalau kata istilah Suroboyoan sekarang, kamu pun bisa bermain dengan LOS, DOL! Bermain tanpa beban dan gangguan.

Gamers pun tidak perlu was-was dan jengkel dengan hape yang lemot, lag, dan apapun itu yang mengganggu saat sedang nge-game atau mengakses aplikasi lainnya. Kamu bisa menikmati performa smartphone yang gesit tanpa membuat baterai teraniaya. Terlebih, baterainya itu, lho… Monster 6000mah battery! Pantas saja dia dijuluki The Beast atau Si Garang oleh VP dan GM Mobile Qualcomm Technologies Alex Katouzian.

Sumber foto: FB Elvina Yanti

Kedua, keunggulan dalam AI. Qualcomm Snapdragon 865 Plus ini sudah mencapai generasi kelima dan kemampuannya telah ditingkatkan menjadi 2 kali lipat dibandingkan Snapdragon seri sebelumnya. Manfaatnya, ponsel yang dibekali prosesor ini mampu menganalisis objek lebih akurat seperti makanan, lingkungan dan lain-lain, terutama dalam penggunaan kamera.

Ketiga, keunggulan Qualcomm Snapdragon 865 dari segi kamera. Snapdragon 865 memiliki Qualcomm Spectra 480 CV-ISP. Motor ini membantu pemrosesan gambar menjadi lebih efisien dan cepat berkat 4 pixel per Clock Cycle. Buat gamer yang juga menggemari foto low light, bakal sangat berbahagia sebab fitur ini mampu mengurangi noise saat memotret dengan situasi minim cahaya. ISP juga membantu power saving sebesar 16 persen disertai dengan peningkatan tekstur dan detil dari sensor 18 persen.

Warna yang dihasilkan juga sudah 10 Bit HDR yang menawarkan hingga 1 miliar warna. Hal ini akan diperkuat dengan layar AMOLED 6.59 inci. Kamera ASUS ROG Phone 3 ini akan saya perjelas pada bagian bawah. Terus scrolling, ya.

Sumber foto: FB Elvina Yanti

Kendati kini saya tidak rutin main game, dulu saya kerap menemani teman-teman dekat yang sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk nge-game. Cuma ngelihat saja, sudah terasa serunya. Sering saya amati, agar bisa memenangkan pertandingan, teman-teman saya harus extra fokus, alis bertemu, wajah mengkerut, juga sering keringatan. Pokoknya, wajahnya serius banget. Jarang sekali saya melihat ada teman yang wajahnya lempeng-lempeng aja, tetapi menang game.

Saya pikir, “ketenangan” pemain itu sangat penting. Dalam hal ini, saya rasa itu merupakan faktor personal, latihan, dan peralatan. Bayangkan saja kalau gadget untuk ngegame-nya sering nge-lag, spesifikasinya kurang mumpuni, pasti gamers pun jadi gampang tersulut emosi, kaan. Hehehe.

Sekarang, gamers akan lebih mudah dalam mengendalikan fokus saat bermain karena ASUS ROG Phone 3 dibekali dengan fitur pendingin agar smartphone ini mampu memberikan performa optimal serta menjaga ketenangan kita saat bermain. ASUS ROG Phone 3 memungkinkan kamu untuk menang dengan tenang, tidak terlalu khawatir dengan tangan dan smartphone yang kepanasan. 

Saya pernah mencoba smartphone ASUS dan saya takjub dengan keunggulan warna yang tajam dan kamera yang wow. Sudah begitu, harganya pun relatif terjangkau. Bahkan, menurut saya, hasil fotonya sudah mirip dengan kamera mirrorless kekinian.

ASUS tidak menanggalkan kualitas layar dan kamera, meskipun dalam ASUS ROG Phone 3 ini, keunggulan utama ada pada fitur gaming.  ASUS ROG Phone 3 memberikan pengalaman maksimal dalam hal layar dan suara, sebab, dia memiliki AMOLED Display 6.69”, 144Hz refresh rate, touch samping rate 270Hz, touch latency 25 ms, dan untuk color accuracy-nya adalah Delta-E < 1. Apa, sih, makna fitur-fitur ini?

Saya pun baru mengetahui bahwa 144Hz refresh rate membantu mencapai pengalaman menonton yang lancar dan permainan lebih nyata. Kabar baiknya, fitur ini tidak membuat mata kita mudah lelah dan menjauhkan mata dari rasa tidak nyaman saat nge-game. Perbedaannya dapat dilihat pada gambar berikut, ya, kalau pakai ASUS ROG Phone 3 yang memiliki 144 Hz refresh rate, jadi lebih jelas gambarnya.

Sementara, 270 Hz touch sampling rate membantu user dapat merespon dengan tepat setiap perintah dan keinginan jemari kita. Bagaimana dengan akurasi warna? Berterimakasihlah pada ASUS sebab layar ROG Phone 3 ini memiliki nilai Delta-E terbaik di dunia yang nilainya kurang dari 1. Which means, layar smartphone ini memberi pengalaman visual seakurat mungkin, lebih nyata, dan memberi pengalaman yang makin menawan baik untuk ngegame maupun untuk kegiatan lainnya. Saya menyepakati klaim ASUS ROG Phone 3 yang menyebut bahwa smartphone ini merupakan “the most immersive gaming experience”.

Bagaimana dengan kameranya?

Coba kamu amati lekat-lekat foto di atas. Lihat bagaimana ASUS melakukan langkah yang cerdas dengan menaruh letak 3 kamera secara horizontal. Saya rasa, ini menunjukkan ASUS ingin keluar dari persaingan tata letak kamera belakang pada smartphone yang monoton sekaligus menyelaraskan dengan design belakang kamera. Menarik!

Smartphone sultan ini tidak hanya mendukung kemenangan untuk para gamers, tetapi juga konten kreator yang sehari-hari menggandalkan smartphone dengan fitur terbaik dan performa yang lincah. Bagaimana tidak, salah satu aset yang tidak bernilai yang dimiliki kreator adalah ide. Sialnya, ide bisa datang kapan saja dan di mana saja. Jadi, mau tidak mau, ide harus kita tangkap dengan sigap menggunakan peralatan yang memadai, seperti ASUS ROG Phone 3 ini.

Mari berandai-andai.

Saat ini, saya merupakan user smartphone yang non-gamer. Bukan karena saya tidak suka nge-game, tetapi karena hape saya tidak bisa berjalan optimal jika saya beri aplikasi game yang beraneka raga itu. Intinya, saya butuh spesifikasi smartphone yang tangguh untuk pekerjaan dan aktivitas saya. Sebetulnya, memang “hanya” menulis di blog dan menjadi peneliti lepas. Tetapi, saya selalu perlu aplikasi pendukung. Sebut saja Google Docs, aplikasi edit foto (saya butuhnya lebih dari satu aplikasi), aplikasi edit video. Selain itu, saya juga menyimpan beberapa aplikasi untuk anak. Oh, ya, belum lagi kebutuhan saya akan memori handphone yang besar agar bisa menyimpan berbagai momen berkesan dengan keluarga.

Jika saja saya diberi kesempatan untuk menggenggam ASUS ROG Phone 3, smartphone cakep ini akan menjadi smartphone ASUS pertama saya. Saya sudah ancang-ancang akan melakukan apa saja dengan Si Ganteng ini.

Membawanya Traveling

Dengan ketangguhannya, sudah pasti ASUS ROG Phone 3 ini nggak rewel kalau saya bawa ke tempat dengan suhu ekstrim seperti daerah yang bersalju maupun beriklim panas. Dengan begini, acara jalan-jalan dan bikin konten pun semakin lancar, karena ASUS ROG Phone 3 menjanjikan baterai yang awet dan kecanggihan dalam menghadirkan hasil jepretan dan video yang optimal.

kerja-asus

Bikin Konten Makin Cepat

Sebagai ibu rumah tangga, kunci lancarnya konten yang saya produksi melalui blog maupun media sosial adalah kecepatan dan ketepatan waktu. Saya kerap mencuri waktu untuk mencicil konten, baik berupa penulisan, pengambilan gambar dan video, maupun untuk editing. ASUS ROG Phone 3 ini dapat menyelamatkan saya karena kinerjanya yang cepat dan tepat. Saya pun tidak kehilangan ide-ide dan dapat menyelesaikan berbagai target konten tepat waktu. Foto berikut adalah saya yang belum punya smartphone mumpuni, jadi mau bikin apapun harus buka laptop. Hehehe.

Ngegame, Tentu Saja!

Begini, meskipun saya sudah ibu-ibu, saya tetap butuh hiburan. Selama ini, saya tidak menginstal aplikasi gaming di smartphone saya karena ya fiturnya tidak mendukung. Saya tidak mau nantinya hape nge-lag karena game yang berat lalu mengganggu pekerjaan saya. Jika sudah punya ASUS ROG Phone 3 yang memang built for gamers, ya masa mau saya sia-siakan? Hehehe.

Wrap It Up Now!

Kamu bisa membungkus satu (atau lebih? Sultan, mah, bebas!) ASUS ROG Phone 3 ini melalui seller resmi ASUS maupun di marketplace langganan kamu. Kamu bisa mengeklik tautan di atas yang merupakan beberapa seller resmi ASUS ROG Phone 3.

Bagaimana, sudah kepincut dengan performanya? Atau malah sudah ada yang punya? Boleh berbagi di sini, yuk, pengalaman pakai ASUS ROG Phone 3 yang keren ini!

23 tanggapan pada “ASUS ROG Phone 3, Smartphone Sultan Andalan Para Pemenang”

  1. Beberapa temenku pake ASUS ROG Phone 3 ini, mereka tambah asik ngegamenya bahkan sampe menghasilkan. Dan ku support mereka, salut sama anak2 muda .
    Sebelomnya emang aneh, sepemikiran tuh , ngapain lama2 ngegame berjam-jam di kompi eh sekarang pindah ke hp, ternyataa ada kenikmatan tersendiri.

  2. Selama pandemi mengusir rasa bosan emang paling enak main game, nunggu kelamaan antrian aja kadang main game. Butuh hp memori berkapasitas besar juga buat download macem2. Hape ini enaknya ada fitur pendingin, jadi gak panas hpnya

  3. Aku dulu juga suka banget nonton plant vs zombie tapi di pc, trus skrg kan ada tuh versi mobile tapi ngelag bgt baru tau klo mau game tertentu dan mau lncar jaya kudu pake handphone khusus gaming wkwk

  4. Asus Rog Phone 3 ini incaran teman2 anak remaja yang sedang gandrung bermain game. Ternyata spesifikasinya memang bakal memenuhi kepuasan bermain game para gamers itu. Emak-emak jadi pengen punya juga satu.

  5. Ya ampun nih henpon gahar banget. Performanya canggih bikin pemakainya puas. Mau main game atau beraktifitas lain menggunakan henpon ini dijamin pasti puas. Udah gitu kapasitas memorinya yang besar ditambah daya tahan batrei yang awet. Kalau yang hobi main game dijamin bakal berjam-jam melototin henpon buat nyelesein misi permainannya. Emang Asus ROG Phone 3 ini dambaan setiap orang untuk memilikinya.

  6. Penampakannya saja emang gahar ya. Cocok untuk ganmers profesional yang dituntut untuk terus berlatih supaya piawai. Dengan rog ini saya yakin akan ada banyak atlet gamers di perhelatan ajang nasional maupun internasional nanti

  7. Pastinya suami saya bakal suka banget nih kalau punya ROG Phone 3 ini soalnya dia suka sekali main game, eh tapi kalau liat spesifikasinya yang bisa juga menunjang aktivitas lain bukan cuma game, saya juga mau dong… Hp yang canggih banget lah ini..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *