Lompat ke konten

“Mbak Billa, terima kasih, paketnya sudah datang. Semoga selalu sehat dan lancar rezekinya ya.”

“Mbak Billa, terima kasih, paketnya sudah datang. Semoga selalu sehat dan lancar rezekinya ya.”

Itu adalah pesan dari tante saya yang tinggal di Gresik. Pesan itu beliau kirimkan setelah sejumlah paket berisi masker medis, vitamin, dan obat yang saya kirim sudah tiba di rumahnya. Bulan Juli lalu, ketika Indonesia sedang diterpa gelombang dua covid-19, tante dan keluarganya sakit. Gejala serta pola sakitnya mengindikasikan bahwa mereka terkena virus corona, tetapi, mereka tidak mau lapor maupun periksa lantaran takut “dicovidkan”. Saya memaklumi kekhawatiran mereka karena saat itu kita tidak hanya berjuang melawan virus, tetapi juga hoax yang terlanjur menyebar melalui gerakan bawah tanah.

Kebetulan hanya berselang sepekan, kedua mertua saya juga mengeluhkan hal serupa. Beliau batuk, demam, meriang, dan baru pulang dari takziah salah satu tetangganya yang positif covid. Di desa mertua nyaris seluruh warga juga sakit batuk. Bagaimana saya dan suami tidak gelisah?

Setelah saya membelanjakan keperluan untuk tante dan mertua, saya termenung sejenak. Saat itu kami bergerak cepat. Belanja melalui marketplace serta memesan dari toko terdekat rumah mertua dan tante agar mereka tidak perlu menunggu lama. Saya beruntung memiliki koneksi internet yang selalu lancar dan mendukung seluruh aktivitas, termasuk secara tidak langsung melindungi nyawa anggota keluarga saya. 

Rumah mertua saya agak pelosok. Saya menyebutnya ndeso markeso alias di desa banget. Hanya satu jaringan internet yang bisa masuk ke sana yakni IndiHome. Untung sebelum adik ipar saya pindahan ke Surabaya, dia sudah memasang internet di rumah dan membayar rutin setiap bulan dari Surabaya. Mertua pun tetap terhubung dengan kami melalui WA dan video call

Kadang ada rasa beruntung bahwa pandemi ini terjadi ketika infrastruktur internet sudah cukup baik. Saya dan suami bisa memantau kondisi keluarga yang sakit dari jauh hingga mereka sembuh. Pengalaman pribadi ini membuat saya mendukung program kedaulatan digital oleh pemerintah. Saya pun merasa IndiHome begitu berjasa karena menjadi perantara bagi saya dan keluarga untuk tetap menebar kebaikan tanpa batas.

Kedaulatan Digital dan Kebebasan untuk Menebar Kebaikan

Aktivitas tanpa batas sangat mungkin kita lakukan dalam dunia digital. Saya yang tinggal di Surabaya, bisa membelikan suplemen untuk keluarga di Gresik dan Banjarnegara. Istilah limitless ini bisa membawa dampak buruk dan baik. Baik karena kita bisa beraktivitas apapun dari rumah. Buruk karena bisa saja keamanan dan data kita terancam. Dengan adanya kedaulatan digital yang sedang diupayakan oleh pemerintah, kelak kita bisa memegang kendali sendiri atas data-data kita, konten yang kita konsumsi, serta aktivitas digital yang kita lakukan.

Mengenai regulasi dan program kedaulatan digital, mari kita serahkan pada pemerintah. Namun sebelum mencapai kedaulatan digital, ada satu hal yang harus dilakukan terlebih dahulu yakni pemerataan infrastruktur digital. Inilah yang bisa membuat saya dengan mudah menjangkau mertua yang ada di desa, karena rumahnya sudah ada jaringan internet dari IndiHome.

Infrastruktur digital ini menjadi penting untuk menegakkan kedaulatan digital. Langkah ini juga diambil oleh oleh Eropa. Tambiama Madiega, seorang peneliti di European Parliamentary Research Service, menulis bahwa virus corona yang melanda Eropa pada pertengahan tahun 2020 lalu menunjukkan peran penting teknologi digital dalam menjamin kelangsungan kehidupan sosial dan bisnis.

European Council pun menyerukan sejumlah tindakan pemulihan dan salah satunya adalah berinvestasi pada dunia digital serta penekanan pada infrastruktur teknologi. Dia juga mengatakan bahwa pandemi corona membuat layanan digital yang andal menjadi kebutuhan yang penting untuk masyarakat saat ini.

Kedaulatan digital hadir atas dasar kebebasan untuk memilih. Konsumen memiliki kebebasan memilih atas konten-konten yang ingin ia konsumsi serta aktivitas digital yang ingin ia lakukan. Banyak hal yang baik dan buruk dapat kita lakukan dengan internet. Dalam tahun yang penuh empati ini, ada baiknya apabila kita merayakan perjalanan Indonesia mewujudkan kedaulatan digital dengan memperbanyak jejak digital yang baik.

IndiHome telah memberi tindakan nyata yang dapat kita ikuti. Melalui program IndiHome Charity 2021, IndiHome menyalurkan dana senilai 420 juta untuk masyarakat terdampak pandemi di sekitar wilayah kerja Telkom di Seluruh Indonesia. Agenda amal ini memiliki tujuan untuk menghadirkan semangat agar masyarakat Indonesia bisa semakin produktif dan kreatif.

Saya rasa program ini patut kita apresiasi dan menjadi inspirasi bagi kita. Terlebih, dua tahun menghadapi pandemi bukan masa singkat. Dua tahun ini menjadi masa-masa yang berat, melelahkan, dan menguras air mata. Hanya empati dan gotong royong yang dapat membantu kita bangkit kembali. Kabar baiknya, aktivitas ini dapat kita lakukan dari rumah saja. Tentu dengan bantuan koneksi internet yang lancar dan memadai seperti yang disediakan oleh IndiHome.

Ragam Kebaikan yang Dapat Kita Lakukan Dari Rumah

Sejak SMA saya sudah menggunakan internet rumah karena seluruh anggota keluarga butuh kegiatan dengan internet. Kami pun berlangganan IndiHome sejak namanya masih Speedy. Karena sudah terbiasa dengan internet rumahan, saya kira banyak orang sudah melakukan hal serupa. Nyatanya, masih banyak orang yang belum memakai fixed internet di rumah. Hal ini dapat kita lihat dari hasil survei APJII yang menunjukkan sebanyak 85.2% responden yang tidak menggunakan internet rumah. Sisanya sebanyak 14,8% menggunakan internet di rumah.

Rupanya, IndiHome lah yang menjadi primadona. IndiHome digunakan oleh 9.8% dari total (14.8%) responden. Tidak hanya layanan internet di rumah, untuk urusan internet kantor pun IndiHome yang menjadi favorit para perusahaan. Tidak berlebihan kalau saya katakan IndiHome memang internetnya Indonesia.

Survei APJII tahun 2020 tentang Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia

Untuk memangkas kesenjangan digital, IndiHome bergerak cepat dengan menghadirkan internet di daerah-daerah yang belum terjangkau. Secara khusus di kawasan Indonesia Timur, Telkom telah memiliki 520 ribu sambungan layanan. Bahkan di Papua, IndiHome telah memiliki 47 ribu sambungan layanan dan 35 ribu sambungan layanan di papua Barat pada tahun 2019. Saat ini tentu peningkatannya semakin meninggi. 

Internet cepat yang baik membuat kita mampu melakukan berbagai aktivitas di rumah. Mulai dari pekerjaan, pembelajaran jarak jauh, hiburan, hingga kegiatan sosial dan amal. Ada sejumlah aktivitas kebaikan yang dapat kita lakukan dari rumah. Beberapa kebaikan yang dapat kita lakukan antara lain:

Menunjukkan Cinta pada Keluarga

Kegiatan ini dapat kita lakukan kapanpun. Apabila ada saudara yang ulang tahun, kita beri ucapan selamat. Kita juga bisa sering bertukar kabar dengan keluarga yang mungkin sudah hampir dua tahun tidak kita temui. Selain itu, apabila ada yang sakit, jangan menunda waktu untuk menawarkan bantuan.

Kita bisa membantu dengan mencarikan kebutuhannya. Seperti membantu mencari informasi dokter terdekat, membelikan obat, vitamin, maupun keperluan lain seperti masker. Kita bisa, kok, membelikan barang-barang ini meski berada di kota yang berbeda.

Tetap Terhubung dengan Kerabat yang Isoman

Menjalani isoman bisa membuat orang down secara mental. Oleh karena itu, yuk, kita upayakan untuk tetap memberi dukungan bagi kerabat yang isoman. Bisa dengan menanyakan kabar, mengirim kebutuhan pokok seperti makanan dan buah-buahan yang bergizi, serta tetap terhubung melalui video call. Kalau kita semua memiliki jaringan internet yang bagus, video call tidak akan mudah putus.

Sedekah Online

Kebetulan saat ini kita kembali diuji dengan meletusnya gunung Tertinggi di Pulau Jawa yakni Gunung Semeru. Kondisi ini membuat kita tersentuh dan tergerak untuk saling membantu memberi pertolongan. Banyak lembaga yang menggalang dana dan kita dapat mengirim bantuan meski tidak datang langsung ke lokasi. Internet yang kuat menjadi penghubung kebaikan ini. Melalui internet cepat, kita bisa tahu apa saja kebutuhan korban bencana dan mencari lembaga penyalur infaq yang amanah.

Mendukung Bisnis Lokal dengan Belanja Online

Berbelanja online tidak hanya bermanfaat untuk terpenuhinya kebutuhan harian kita. Tetapi juga bisa memberdayakan toko dan pengusaha kecil di sekitar. Belanja dari penjual di dekat rumah juga dapat ramah untuk lingkungan karena bisa mengurangi food miles dan banyaknya karbon yang terbuang dalam proses pengantaran barang. Saya pun biasanya memesan catering harian dari tetangga dan membeli buah dari teman yang memiliki kebun buah sendiri. Selain lebih hemat, lebih segar, lebih sehat, juga baik untuk perputaran ekonomi lokal.

Menulis Blog

Bagi saya, menulis blog juga termasuk kebaikan. Apalagi kalau kita menulis hal yang bermanfaat untuk orang lain. Bisa pengalaman ketika mengalami sesuatu, kampanye peduli lingkungan, ulasan produk yang kita tulis dengan baik dan jujur, serta ilmu yang kita bagikan melalui blog dapat membuat banyak orang yang terbantu atas tulisan kita.

Bermain Game Online

Berbuat baik itu tidak cuma untuk orang lain, tetapi juga untuk diri sendiri. Ketika rasa jengah melanda, saya biasanya mengatasinya dengan nonton atau bermain games di smartphone. Tetapi, saya hanya sebatas menjalankan hobi. Beda cerita jika kamu ingin serius dan merasa bahwa bisa memberi lebih banyak manfaat untuk diri dan orang lain melalui games online. Saran saya, bergabunglah dengan komunitas atau program-program yang mendukung impianmu.

Salah satu contohnya ada program LEAD by IndiHome yang merupakan pusat pengembangan atlet atau academy eSport untuk komunitas dan antusias eSport Indonesia. LEAD by IndiHome mengusung konsep Athlete Enablement yang berfokus pada proses pendidikan player dari yang hanya hobi menjadi pro-player yang bermental atlet. Langkah IndiHome untuk memfasilitasi peningkatan kualitas atlet eSport Indonesia perlu kita dukung bersama. Dengan jaringan yang cepat dan tersebar di penjuru Indonesia, IndiHome membuktikan bahwa IndiHome memang internetnya untuk gamer.

Mengisi Kedaulatan Digital dengan

Keamanan, Kecerdasan, dan Empati

Bagi saya, kedaulatan digital itu adalah ketika saya bisa menentukan aktivitas digital sesuai dengan keinginan dan kebutuhan saya dengan rasa aman. Dengan begitu, saya bisa memanfaatkan kebaikan dunia digital dengan maksimal. Bisa untuk pekerjaan, ikut kursus online, untuk keperluan anak, hingga untuk berbuat kebaikan.

Ada sejumlah kiat yang bisa saya berikan untuk mengisi kedaulatan digital. Yakni dengan menciptakan rasa aman, menjadi orang yang cerdas digital, serta berempati. Menurut saya, ketiga hal ini dapat menjadi pegangan agar kita sama-sama nyaman melakukan aktivitas tanpa batas di dunia digital.

Saya sarankan kamu juga mengikuti akun Instagram IndiHome dan LEAD by IndiHome. Kamu tinggal klik dua tombol di bawah ini. IndiHome sangat cepat dalam merespon pertanyaan maupun keluhan pengguna. Melalui halaman Instagramnya, IndiHome juga kerap membagikan konten menarik dan informasi promo. LEAD by IndiHome sekarang telah ditutup, tapi, kamu bisa tetap mengikuti event selanjutnya. Maka dari itu, yuk, ikuti terus update dari IndiHome.

Penutup

IndiHome sebagai sebagai perusahaan layanan fixed broadband terbesar dengan cakupan jaringan terluas siap hadir dari rumah ke rumah. IndiHome konsisten melayani kebutuhan aktivitas tanpa batas setiap masyarakat Indonesia tanpa melupakan perihal keamanan dan kenyamanan pengguna. Selain itu, dukungan yang sangat luas untuk aktivitas digital seperti eSport dan program lainnya juga bisa bermanfaat untuk masyarakat umum. Pada akhirnya, yang saya tulis ini hanya sejumput bukti nyata bahwa IndiHome sangat berperan dalam mewujudkan kedaulatan digital dan membantu kelancaran kegiatan kita sehari-hari.

Apakah kamu termasuk pengguna IndiHome? Aktivitas tanpa batas seperti apa yang sudah kamu lakukan selama ini? Coba cerita pengalamanmu di kolom komentar, yuk.

Referensi tulisan:

Survei APJII 2020

CNN Indonesia, https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210728095700-97-673155/indihome-beri-bantuan-rp420-juta-lewat-program-charity-2021

Europarl, https://www.europarl.europa.eu/RegData/etudes/BRIE/2020/651992/EPRS_BRI(2020)651992_EN.pdf

LEAD by IndiHome, https://indihome.co.id/leadacademy

Openstack.org, https://superuser.openstack.org/articles/digital-sovereignty-why-open-infrastructure-matters/

Telkom.co.id, https://telkom.co.id/sites/home-service/id_ID/news/indihome-gencar-layani-masyarakat-di-pelosok-timur-indonesia-990

Viva.co.id, https://www.viva.co.id/digital/piranti/1306394-indihome-punya-keamanan-berlapis-supaya-pengguna-nyaman

 Sumber desain:

Freepik (artist: Freepik, Stories, Raw Pixel)

Canva

 Sumber foto:

Freepik (marimarkevich)

Canva

Semua gambar dan foto kategori free source dan diolah kembali oleh Penulis

57 tanggapan pada “Menebar Kebaikan Tanpa Sekat Berkat Jaringan Indihome yang Kian Dekat”

  1. Showroom aku pake Indihome juga mbak. Alhamdulillah jarang ada kendala. Sempet pake tetangga sebelah sering trouble soalnya. Kalau buat kantor repot kalau wifi bermasalah. Sekarang udh bertahun2 setia sama Indihome

  2. IndiHome nih emang paling merata penyebarannya di wilayah Indonesia, ya, Mbak. Mudah-mudahan kualitas jaringannya makin baik kedepannya. Biar semakin banyak juga kebaikan yang bisa kita tebar dengan memanfaatkan jaringan internet IndiHome.

  3. Kedaulatan digital bisa kita raih melalui IndoHome yang jangkauannya luas sekali. Mertua saya di daerah pun akhirnya memasang IndiHome karena beliau tinggal bersama satu orang cucunya yang tidak bisa lepas dari internet.

    1. Waaah iya ya. Jd gak ada lg alasan, “aku di pelosok nih, gak ada jaringan internet.” Yg bilang gitu gak pakai Indihome berarti. Mana Indihome punya program charity saat pandemi ini, baik banget

  4. Aku juga pake IndiHome di rumah mba, dan sneng vanget skrng indiHome bisa menjangkau ke pelosok” jadi mempermudah kita berkomunikasi lebih lancar dengan keluarga jauh. ^^

  5. Zaman serba digital, semuanya bisa dilakukan dan dikendalikan dari rumah.
    Kagum banget, kak… langganan IndiHome sedari awal. Wah, pelanggan setia yang konsisten.
    Pasti puas banget langganan IndiHome yaa.. Dan kini semakin berkembang dengan semakin banyak pengguna.

  6. Terus bergerak untuk kebaikan, meski sekarang hanya baru bisa melalui dunia digital.
    Kedaulatan Digital dan Kebebasan untuk Menebar Kebaikan adalah tujuan utama kita semua tersambung dengan dunia maya tanpa batas. Mencari dan memperoleh semua kebaikan lalu disebarkan kembali ke masyarakat yang lebih luas.

  7. Aku di rumah juga pakai indihome juga, Mbak. Benar-benar membantu sekali. Urusan internet untuk anak-anak dan kerjaan saya lancar tanpa kendala. Bersyukur masih bisa akses internet tanpa kekurangan sama sekali. Nice post mbak… Inspiratif!

  8. koneksi internet yang bisa diandalkan dan mumpuni memang sudah menjadi kebutuhan besar masyarakat Indonesia dan dunia yaa mba.. kalau ada provider yang bisa memenuhi segala kebutuhan tersebut, then we are up for great things ahead

  9. Berbuat baik jadi tak terbatas yaaa jika berkaitan dengan teknologi digital. Contohnya kayak dirimu yang bisa supply obat dan masker ke keluarga meskipun terpisah jauh. Bisa pesan barang maupun kurir hanya dari rumah dengan bantuan koneksi internet yang andal.

  10. Aduh istilah ndeso markeso itu membuatku ngikik sendiri nih mbak hehe alhamdulillah akhirnya bisa masuk juga indihome di sana yaa. memang perlu kedaulatan digital ya mbak, karena eranya sudah berbeda dan kita berkomunikasi lewat jaringan internet sekarang karena lebih mudah dan cepat.

  11. Udah sih, kalo Mba Nabilla ini tulisannya mesti lengkap banget infonya. Semoga IndiHome bisa terus jadi andalan keluarga dan UMKM Indonesia yaa.. Kerasa banget bentar aja ada kerusakan, dampaknya kemana2

  12. Di masa pandemi ini yang belum jelas kapan kondusifnya memang dengan saling membantu dapat meringankan beban ya. Dari hal simple seperti yang dicontohkan kak Nabilla melalui artikel ini, bisa untuk ditiru

  13. Alhamdulillah sih selama ini sudah mulai belajar banyak juga ya mulai dari belajar investasi di dunia saham karena hal ini adalah hal baru buat saya. Awalnya belajar tentang Reksadana dan sekarang sudah beralih ke saham langsung.

  14. benar sekali mbak
    dengan adanya dukungan internet dari IndiHome ini kita bisa melakukan banyak aktivitas tanpa batas ya mbak
    IndiHome mendukung kedaulatan digital juga pastinya

  15. Alhamdulillah, meskipun ndeso markeso tapi rumah ibu mertua sudah ada indihome ya kak. Memang internet ini bukan lagi kebutuhan tersier. Tapi sudah masuk kepada kebutuhan primer. Karena melalui internet kita bisa dapatkan info manakala terjadi sesuatu yang darurat di rumah.

  16. Keren nih bahasanya istilah kedaulatan digital. Meski saya masih meraba-raba maksudnya hehehe
    Berkat internet masuk desa, apapun sekarang mudah dilakukan. Beruntung rasanya saya sudah menggunakan Indihome sejak masih bernama Speedy

  17. Wah saya juga pake IndiHome sejak namanya masih speedy. Dan IndiHome ini membantu banget saat isoman. Kita ngga bisa pergi ke luar rumah tapi bisamenjelajah dunia lewat internetnya Indonesia.

  18. Memang ada untungnya ketika pandemi melanda, infrastruktur internet di daerah kita sudah baik. Sehingga meskipun di rumah saja tetapi kita masih bisa berhubungan dengan keluarga yang jauh bahkan bisa tetap berbuat baik untuk sesama.

  19. Seneng bangett IndiHome ini ngga hanya memberikan internet terbaiknya untuk Indonesia tapi juga ada program2 kebaikannya ya mba. aku sempet ngikuti di instagram, ada sebaryangbaik juga, nah itu tuh bikin timeline jadi adem

  20. Beruntung aku di rumah juga pake IndiHome dan emang bener sih, internet bikin semua aktivitas jadi tanpa batas. Mungkin karena kerja online juga kali ya kak, jadi kalau internet mati, bisa kiamat hahaha. Kebetulan IndiHome selalu lancar jaya sih

  21. Sapti nurul hidayati

    Setuju, tidak bisa dibayangkan bagaimana kondisinya jika kita melewati pandemi tanpa jaringan internet. Untung dengan layanan indihome banyak daerah yang terlayani dengan jaringan internet ini. Sehingga memudahkan komunikasi.

  22. Di era digital ini, aktivitas tanpa batas sekarang semua bisa dilakukan dari rumah ya Mbak. Kalo di rumah saya, selain untuk kerja, internet juga untuk pendukung utama media belajar daring anak-anak. Beruntung ada Indihome, semua pekerjaan digital bisa teratasi dengan lancar.

  23. Banyak yang bisa dilakukan di rumah. Tetapi, beberapa aktivitasnya memang membutuhkan internet. Memang jadinya butuh banget internet yang bisa diandalkan seperti IndiHome. Supaya kitanya semakin merasa betah saat di rumah

  24. cuma dua kata yang bisa menggambarkan indihome, yaitu “jaringan terluas”. dan hal itu memang terbukti, karena sampai saat ini masih belum ada provider penyedia layanan internet yang memiliki jaringan seluas indihome

  25. Pingback: Review Bra Ternyaman dan Korset Setelah Melahirkan dari Fiori

  26. Pingback: Kiat Membangun Bisnis yang Terus Tumbuh dan Bernyawa - Bunda Traveler

  27. Pingback: Tomps: Aplikasi Manajemen Proyek Terbaik, Kinerja proyek Makin Ciamik

  28. Pingback: Bisnis Online di Rumah, Rahasia Kaya Sampai Disangka Ngepet Tetangga

  29. Pingback: Aktivitas Tanpa Batas dan Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.